Rabu, 14 November 2012

09 - KISLEV


       Home
Bulan ke-9 Ibrani: K I S L E V
Ringkasan:
KISLEV (30 atau 29 hari – Nov/Des)
Perayaan: Awal Chanukah/Hanukah
Alfabet: SAMEKH – (mempercayakan diri, mendukung, menjadi lingkaran penuh.
Suku: Benyamin, suku yang paling berkarunia dengan seni dan busurnya; anak satu-satunya yang lahir di Tanah Perjanjian, oleh karena itu cermati Israel di bulan ini.
Karakteristik:
·         Bulan mengembangkan strategi peperangan, yaitu untuk menerima dan memiliki pewahyuan profetis dalam peperangan.
·         Bulan untuk memasuki level baru, mempercayakan diri, dan istirahat.
·         Bulan untuk mendeklarasikan pengalaman hidup yang dipenuhi dengan ketenangan dan kedamaian – minta agar sungai-sungai kehidupan mengalir dalam kehidupan.
Konstelasi: Sagitarius (pemanah) – waktu untuk memerangi kekaisaran dan budaya-budaya.
Warna/Batu: Beraneka warna (seperti warna pelangi)/Opal atau Yasper Pelangi.

Kislev itu bulan kesembilan dari duabelas bulan kalender Yahudi.
Kislev dikaitkan dengan huruf Ibrani SAMEKH, yang menggambarkan mempercayakan-diri, menopang / mendukung, dan menjadi penuhnya lingkaran. Kita harus menjadi lingkaran yang penuh dalam mengembangkan pemercayaan-diri dan rasa percaya kita. Dengan memperhatikan hati dan motivasi-motivasi kita selama bulan Kislev di setiap tahunnya, kita akan bisa mematahkan dan keluar dari pola-pola lama kita karena tidak bisa mempercayakan-diri, hal mana yang telah menghambat kemampuan kita untuk bisa berjalan bersama Tuhan, dan sesama yang ada dalam lingkar pengaruh kita.
Nama Kislev diturunkan dari kata Ibrani untuk "keamanan” dan "mempercayakan-diri." Ini merupakan bulan memasuki level baru untuk bisa mempercayakan-diri dan istirahat.
Kislev dikaitkan dengan suku Benyamin, suku yang paling berkarunia dalam seni memainkan busur. Sewaktu kita mengembangkan strategi-strategi peperangan di bulan ini, kita bisa menampung secara profetis sehingga menambah pewahyuan berkenaan dengan musim peperangan di waktu mendatang. Ini berkaitan dengan awal tahun sehingga kita bisa memasuki tahun baru dengan benar.
Benyamin juga merupakan satu-satunya anak Yakub yang lahir di tanah perjanjian sehingga ini merupakan bulan untuk mencermati Israel. Di bulan ini akan terjadi hal-hal yang akan mengubah jalan dan sejarah Israel.
Kislev dihubungkan dengan konstelasi Sagitarius (pemanah). Bulan ini adalah bulan untuk memerangi kekaisaran-kekaisaran dan budaya-budaya. Ini merupakan bulan untuk membidik-langsung dan bergerak-cepat. Bayangkan apa saja yang akan dilakukan oleh seorang pemanah: potong kerugian-kerugian yang ada dan bergerak-maju.
Saya, Chuck Pierce, percaya, jika kita yang di Amerika berpartisipasi secara kovenan dengan liburan Thanksgiving, kita akan sampai ke tempat peristirahatan baru. TUHAN memberi budaya hari libur untuk membantu kita memasuki hari-hari libur kovenan kita. Dengan merayakan Thankgsgiving berarti kita menyediakan waktu khusus untuk bisa memberi ucapan syukur, dan kita bisa mengelompok kembali.
Lihat-ulang sistem dukungan kita selama Kislev, termasuk siapa yang menopang dan siapa yang kita topang. Renungkan siapa sahabat kita dan persekutuan kita, dan mengapa kita terhubung dengan mereka.
Bulan sebelum ini adalah bulan air-bah; berarti sekarang bulan pelangi. Cermati apa yang telah kita perangi dalam melewati tahun-tahun yang telah lewat agar kita bisa sampai ke tempat kedamaian. TUHAN membuat kovenan sehingga kita tidak harus berperang lagi dengan hal-hal yang sama; ini yang dilambangkan dengan pelangi. TUHAN berbicara, "Kalian sudah melewati banjir dan tidak dihanyutkan. Sekarang Saya akan membuat kovenan dengan agar kalian tidak berperang lagi dengan perkara itu." (Kejadian 9:13-17). Ada hal-hal tertentu di setiap tahun yang perlu kita beri tanda-tanda rohani mengatakan, "Saya tidak akan melewati itu lagi."
Di bulan kesentosaan dan kedamaian ini, meskipun ada di tengah-tengah peperangan, kita akan punya kedamaian. Banyak orang tidak mengerti aspek peperangan ini. Arti gampangnya, saat ada di tengah peperangan, kita begitu giat menyerang sehingga memiliki kedamaian meskipun ada di tengah-tengah konflik. Saat kita terjerat dan keluar dari tempat melekat kita dengan Tuhan, di saat itulah kita sebenarnya menghadapi masalah.
Ini merupakan bulan impian dan penglihatan malam. Melewati sepanjang tahun yang kita jalani. Tuhan telah mencurahkan sesuatu sedemikian kepada kita sehingga pada saatnya semuanya bisa Dia tarik keluar melalui mimpi-mimpi kita. Kadang-kadang itulah satu-satunya cara yang Tuhan bisa lakukan agar bisa berkomunikasi dengan kita. Dalam kehidupan kita telah begitu ditekan-tekan sedemikian rupa sampai kelelahan dan tertidur. Di saat seperti itulah Tuhan bisa mulai menggelitik pewahyuan bagi kita. Bulan ini juga bulan untuk melihat-ulang pola tidur kita kita sehingga di tahun-tahuan mendatang kita bisa hidup lebih sehat lagi.
Salah satu masalah besar saya muncul karena adanya trauma di masa pertumbuhan saya. Pola tidur saya kacau. Hampir semua orang yang punya trauma punya pola tidur tidak-teratur. Ingatan-ingatan trauma datang di malam hari dan membuat saya tetap terjaga. Saya harus melewati suatu proses untuk bisa membiarkan TUHAN menyembuhkan saya agar bisa tidur. Di saat bersamaan Dia juga membersihkan trauma saya.
Di suatu waktu saya ikut perjalanan doa ke Vietnam. Di saat pulang saya bermimpi suatu situasi saat saya kecil. Beberapa mimpi terulang seperti di saat kejadiannya berlangsung. Tuhan akan memainkan-ulang ingatan-ingatan kita sehingga Dia bisa menyembuhkan kita. Di suatu malam, saat saya tidur, Tuhan memainkan-ulang ingatan trauma hidup saya, yang tidak saya lupakan, dan yang hampir tidak mampu lagi saya atasi. Saya terbangun bermandi peluh, dan harus mengatasi trauma itu. Pam terbangun dan mendoakan saya. Dia berkata, "Tidak bisakah kamu sembuh sehingga tidak mengganggu tidur saya lagi? Traumamu itu menganggu tidur saya."
Kita harus berurusan dengan apa yang TUHAN munculkan di malam hari. Tanya kepada-Nya jika ada sesuatu yang lain, terus maju dan bereskan apa yang Dia tunjukkan di saat sadar agar kita tidak Dia bangunkan di tengah malam.
Bulan ini waktu membiarkan sungai TUHAN mengalir dari bagian terdalam kita. Akan ada hubungan yang besar antara kesentosaan dan kepenuhan. Jika kita tidak menghubungkan apa yang ada di dalam diri kita dengan benar, kita tidak dapat masuk ke kepenuhan. Saat sungai kita mulai mengalir, kita bisa masuk ke ukuran yang berikutnya. Itulah prinsip Yehezkiel 47. Kedalaman air mulai mencapai mata-kaki, kemudian selutut, lalu sepinggang, dan akhirnya menenggelamkan kepala. Itulah proses pewahyuan di tahun ini. Pewahyuan itu sebagai air yang dalam. Kita harus melewati proses di setiap level pewahyuan dengan cara berenang dan berurusan dengan trauma-trauma dan permasalahan masa lal, di setiap levelnya, sebelum bisa bergerak ke level yang berikut.
Kislev itu bulan dimulainya Hanukkah, satu-satunya liburan di kalender Yahudi yang menghubungkan dua bulan, diawali bulan Kislev dan diselesaikan di bulan Tevet.
Pesan Hanukkah: di tengah-tengah penghancuran ada kemurahan. Di Hanukkah terang tidak akan dipadamkan. Di tengah-tengah setiap kehancuran TUHAN akan menemukan jalan untuk mengimpartasian kemurahan kepada kalian. Tidak peduli aspek kehancuran yang kalian sedang hadapi– baik itu eksternal, internal, fisik atau spiritual – TUHAN punya jalan untuk mengimpartasikan kemurahan dalam membangun masa depan. Anugerah-Nya cukup dan kasih-Nya itu kekal.
Disadur bebas oleh Iskak Hutomo dari A Time to Advance oleh Chuck Pierce