Rabu, 17 Oktober 2012

Bulan-bulan Ibrani

Note: Rosh Kodesh (tanggal dimulainya bulan baru)

01 - Nissan (01-Apr 2014)
02 - Iyar (30-Apr 2014)
03 - Sivan (30-Mei 2014)
04 - Tammuz (28-Jun 2014)
05 - Av (28-Jul 2014) 
06 - Elul (26-Agu 2014)
07 - Tishrei (25-Sep 2014) 
08 - Cheshvan (04-Okt 2013)
09 - Kislev (03-Nov 2013) 
10 - Tevet (03-Des 2013)
11 - Shevat (02-Jan 2014)
12 - Adar (31-Jan 2014)
13 - Adar II (02-Mar 2014)
Bulan-1 Ibrani: NISSAN
Ringkasan:
NISSAN/ABIB/AVIV (30 hari – Mar/Apr)
Waktu Yang Ditetapkan: Paskah, Roti Tidak Beragi, dan Buah-buah Sulung.
Alfabet: HEI – gambaran angin, nafas, dan pujian.
Suku: Yehuda (yang artinya pujian). Bulan Ucapan Syukur kepada TUHAN atas kelepasan.
Karakteristik:
Pertobatan, Penebusan, dan Dimulainya Mujizat-mujizat.
Bulan bagi kalian untuk mengamati/mencermati perkataanmu, sebagai sesuatu yang akan memberi kemampuan untuk mengekspresikan perasaan dan pemahaman terdalam kalian.
Ini juga waktu terbaik kalian untuk melangkahkan kaki ke masa depan.
Konstelasi: Aries, (anak) domba  – merayakan Paskah Anak Domba agar sorga dan bumi terhubung.
Warna/Batu: Merah Tua dan Biru Langit / Garnet atau Biru Topaz.
Bulan Ibrani Nissan atau Abib/Aviv merupakan bulan pertama dari duabelas kalender Yahudi. Abib itu istilah Ibrani untuk fase dimana benih gandum telah tumbuh mencapai ukuran dan kematangan yang penuh. Di bulan ini hasil panen akan di lambai-lambaikan di hadapan Tuhan (Im. 23:4-11). Saat mendoakan persembahan buah sulung dan persembahan lain kalian di bulan ini, lambaikan persembahan itu di hadapan Tuhan sebagai deklarasi kalau tuaian penuh kalian akan terjagai, dan setiap benih yang kalian tanam akan berhasil, bahkan melalui cara-cara baru.
Sebagai “bulan pertama” tahun Ibrani dan Paskah, saat menyeberang untuk memasuki musim yang baru, kita berdiri di Tanah Perjanjian dan mempersiapkan diri memasuki musim kewarisan baru kita. Ijinkan Tuhan melepaskan kalian dari setiap penghalang yang mencegah kalian untuk bisaa masuk ke tempat penggenapan.
Masing-masing bulan Ibrani itu dihubungkan dengan pemahaman atas keduabelas suku yang ada. Bulan ini terkait dengan suku Yehuda – kepemimpinan apostolik dan suku perang, yang tahu bagaimana beroperasi dengan suara. Ini sebagai waktu kunci untuk MEMUJI! Ingat, Yehuda itu suku yang pertama kali harus maju! Ini juga waktu semi, waktu para raja keluar berperang (2Sam. 10:1). Bahkan, meskipun kalian ada di musim damai, kalian harus tahu apa saja yang mungkin akan menerobos batas wilayah kalian, dan memerangi apa yang menjadi hak kalian. Jadikan bulan ini ini menjadi waktu untuk memerangi dan merebut janji-janji kovenan kalian; jangan ragu-ragu melepaskan suara pujian yang akan membawa ke kemenangan dimensi baru dan keutuhan kalian. Bangkit dalam iman, deklarasikan kalau kuasa Darah Yesus telah membebaskan kalian, dan ketahui kesembuhan dan mujizat sekarang sudah ada di depan kalian!
Tahun Ibrani pada mulanya dimulai bulan Tishri, tetapi saat TUHAN memulai Paskah, Dia menempatkan Israel di siklus tahunan penebusan dan memerintahkan bulan Nissan yang akan mengawali bulan-bulan. Perintah pertama yang diberikan bagi bangsa yang baru saat mereka mempersiapkan diri untuk meninggalkan Mesir ialah: "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.” (Kel. 12:2)
Jadi, meskipun tahun Ibrani tetap dihitung mulai bulan Thishrei (permulaan bulan Tishrei ialah Rosh HaShanna, permulaan tahun), bulan-bulan sekarang dihitung mulai dari Nissan. Dan Tahun Baru Yahudi dimulai di awal bulan ketujuh.
Nissan, salah satu bulan yang paling penting, memulai untuk masuk ke musim semi. Dengan mempelajari musim dan konsep musim semi melalui Firman Tuhan kita akan dibukakan pemahaman-pemahaman baru. Kata Ibrani untuk ‘musim semi’ juga kata yang sama untuk ‘pertobatan’. Semi itu suatu gambaran pertobatan sewaktu kalian keluar dari musim dingin yang mematikan dan memposisikan diri untuk memberikan kehidupan baru dan berkembang.
Bulan-bulan musim semi – Nissan, IyarSivan – berkaitan dengan tiga suku di perkemahan Yehuda – YehudaIsakhar, dan Zebulun – yang di tempatkan di sebelah timur Tabernakel sewaktu di padang gurun. Di Taurat, Nissan itu menunjuk ke bulan musim semi.
Nissan itu bulan Paskah, dan seluruh bulan sebagai festival. Ini merupakan bulan penebusan, bulan dimulainya mujizat-mujizat, dan bulan yang akan membawa jalan ke masa depan kalian.
Nissan dihubungkan dengan huruf Ibrani Hei yang menyatakan pujian gegap-gempita. Bagi orang Yahudi, huruf Hei melambangkan angin yang sedang bertiup melewati kisi-kisi jendela. Secara profetis ini menggambarkan adanya jendela dengan angin TUHAN yang sedang menghembusi kalian di sepanjang tahun ini. Roh TUHAN perlu menghembusi kalian di bulan ini.
Karena Nissan dikaitkan dengan suku Yehuda, yang artinya “pujian”, dan Yehuda “yang maju pertama”; bulan pertama Nissan adalah bulan Yehuda. Sewaktu melihat di seluruh Alkitab dan melihat segala sesuatunya yang dikaitkan dengan bulan pertama, kalian akan bisa melihat adanya pola-pola yang berhubungan dengan bulan-bulan perayaan. Kalian akan belajar membaca Alkitab dengan cara yang berbeda.
Ini bulan penebusan sehingga kalian perlu bertanya kepada TUHAN untuk bisa memasuki rencana penebusan sepenuh-penuhnya di hidup kalian. Penebusan itu artinya ‘harga sudah dilunasi bagi kalian’, ini yang akan membuka setiap pintu penjara yang selama ini membuatmu terperangkap. Buat daftar pintu-pintu penjara kalian dan deklarasikan kalau kalian sedang membuka pintu-pintu itu dan melangkahkan kaki keluar.
Nissan itu bulan dimulainya mujizat-mujizat. TUHAN telah memanggil beberapa dari kalian untuk beroperasi secara mujizat, yang merupakan karunia dan destiny kalian. Karunia mujizat itu pengurapan yang unik dan kuat.
Nisaan dikaitkan dengan ucapan kita: kemampuan untuk mengekspresikan perasaan dan pemahaman kita yang terdalam. Jika kalian melakukan pengakuan negatif di bulan Nissan ini, kalian akan menghadapi masalah di sepanjang tahun. Pengakuan negatif akan mengambil benih kalian, sebaliknya pengakuan positif akan mengarahkan angin yang bisa mengubahkan atmosfir sehingga kalian bisa memasuki berkat.
Naikkan ucapan syukur kepada TUHAN yang telah melepaskan kita. Ini kunci penting di bulan ini. Dan ini merupakan kebutuhan terbesar setiap orang Kristen. Mereka yang tidak mau merayakan Paskah artinya gagal dan tidak ingat lagi darimana mereka berasal. Berarti mereka juga gagal untuk mengucap syukur  kepada TUHAN yang telah membawa mereka keluar dari perbudakan dosa. Saya senang menaikkan syukur kepada-Nya dan tahu kalau Dia terus akan melepaskan saya.
Bulan ini dikaitkan dengan konstelasi/perbintangan Aries, (anak) kambing/domba, yang sesuai dengan Paskah. Langit sesungguhnya telah dan terus akan menyatakan kemuliaan TUHAN! Jangan sampai pengelompokan bintang-bintang ini membuat kalian takut. TUHAN menciptakan bintang-bintang di alam semesta sebagai tanda di langit. (Kej. 1:14). Ini semua TUHAN ciptakan untuk memberi kita penyingkapan akan musim-musim, hari-hari dan tahun-tahun. Bagaimana cermatnya TUHAN telah memilih Anak Domba Paskah untuk dirayakan di bulan ini menunjukkan adanya hubungan antara sorga, alam semesta dan sorga dengan bumi.
Nissan merupakan waktu dimana kalian bisa mulai menetapkan apa yang terbaik bagi kalian untuk masa depan, sama seperti apa yang dilakukan oleh orang Israel saat mereka keluar dari Mesir menuju ke Tanah Perjanjian. Oleh karena itu melangkahlah dengan mantap dan percaya ke arah mana Tuhan sedang menuntun kalian di tahun mendatang.
Secara Alkitabnya, Nissan menunjukkan Tahun Baru Raja-Raja. Bulan ini akan banyak terjadi perubahan politik. Ini waktu yang penting untuk mengevaluasi setiap struktur dan organisasi politik dimana kalian telah tergabung atau terlibat.
Nissan merupakan bulan untuk mengatur. Pengatur (kontroler) di suatu bisnis atau institusi adalah seorang akunting yang diberi wewenang memimpin atau mengatur kegiatan ekonomi dan prestasi kerja. Kenyataan dimana sistem pajak bangsa kami (Amerika) dikaitkan dengan bulan ini bukan sesuatu yang kebetulan. Ini bulan untuk mempelajari ikan. Yesus mengatakan kalau kalian tidak mampu membayar pajak, pergi untuk menangkap ikan dan bayar pajak dari apa yang dikeluarkan dari mulut ikan itu.
Ini waktu untuk mengevaluasi kehidupan kalian dengan seksama dan pikirkan dimana kalian diposisikan. Sekarang waktu untuk mengatur segala hal dengan benar demi musim yang akan datang. Doa dan minta Tuhan memberi kalian strategi-strategi untuk bisa menyelaraskan diri dengan benar di waktu-waktu sekarang ini. Jika kalian tunduk kepada Tuhan dan ada di tempat dan waktu yang tepat, hidup kalian akan terselaras dengan tujuan dan rencana TUHAN. ³


Bulan-2 Ibrani: IYAR
Ringkasan:
IYAR (29 hari – Apr/Mei)
Alfabet: VAV– hubungan, terhubung.
Suku: Isakhar – Bulan untuk memahami rahasia/misteri.
Karakteristik:
Kesembuhaan alami itu merupakan manifestasi yang berurusan dengan proses pikiran, berurusan dengan kesadaran jiwa, dan menerima nasihat spiritual. Bulan ini waktu untuk merenungkan angka-angka, apa itu itu berasal dari mimpi, suatu penglihatan maupun pewahyuan Ilahi.
Konstelasi: Taurus (sapi jantan) – mencari dan memperhatikan tempat kekuatan.
Warna/Batu: Royal Blue / Lapis.
Iyar itu bulan kedua dari dari duabelas kalender Yahudi. Di Alkitab, bulan Iyar seringkali dinamakaan bulan Ziv, yang artinya “memancar.” Bulan ini umumnya menunjuk sebagai bulan kesembuhan (alam). Nama Iyar itu akronim untuk “SAYA TUHAN PENYEMBUHMU.” (Kel. 15:26).
Iyar itu dihubungan dengan suku Isakhar yang dikenal karena pengurapan untuk mengerti waktu dan memahami rahasia atau misteri.
Bulan ini dikaitkan dengan terang, yang menggambarkan peningkatan pewahyuan. Terang itu lawan kegelapan. Jika di bulan ini kegelapan mencoba menerkam katakan, “Tidak! Pewahyuan saya bertambah.” Yesaya 60 mengatakan bahwa kemuliaan bisa tampak dari kalian dan memancar dari kalian. Ini bulan kalian harus menerangi dengan kemuliaan Dia.
Untuk mengerti Iyar kita bisa melihat apa yang terjadi pada Israel sewaktu keluar dari Mesir. Nissan, bulan pertama, merupakan bulan untuk meninggalkan Mesir; dan Sivan, bulan ketiga, merupakan bulan mereka sampai ke Sinai dan diberi Taurat. Jadi Iyar merupakan bulan transisi, yang menggambarkan perjalanan  dari Mesir ke Gunung Sinai. Itu merupakan transisi sangat penting yang melibatkan banyak hal, lebih dari sekedar perubahan geografis. Umat TUHAN sedang mengalami transisi ke tingkatan baru dalam hubungannya dengan Dia. Selama waktu ini, TUHAN mulai menyingkapkan misteri/rahasia kovenan-Nya kepada mereka.
Saat Israel keluar Mesir, mereka menyadari bahwa mereka umat TUHAN, tetapi tidak tahu banyak tentang TUHAN. Mereka tidak punya Alkitab. Yang mereka miliki hanya cerita-cerita yang diberikan turun-menurun bagaimana TUHAN menampakkan diri kepada Abraham. Mereka hidup sebagai budak di Mesir dan tahu dewa-dewa Mesir, tetapi mereka tidak tahu banyak tentang TUHAN yang telah menyelamatkan mereka dari tawanan. Jadi, TUHAN membawa mereka memasuki “sekolah kovenan”-Nya untuk mengajar mereka akan hakekat-Nya. Sekolah ini tidak dilakukan di ruang kelas, tetapi di realita hidup-mati di padang-gurun.
Ketika Musa memimpin Israel melewati Laut Merah, mereka berjalan di padangpasir selama tiga hari tanpa menemukan air. Akhirnya mereka sampai di oasis Mara tetapi airnya terlalu pahit untuk diminum. Dua juta orang di tengah-tengah padang-gurun tanpa ada air membuat keadaan yang serius.
Mereka bersungut-sungut kepada Musa dengan berkata, “Apa yang akan kami minum?” Musa berteriak kepada Tuhan dan Tuhan menunjukkan sepotong kayu kepadanya dengan mengatakan, “Musa, biarkan Saya memberitahu rahasia kepadamu. Saya bisa menyehatkan air yang pahit. Engkau lihat potongan kayu itu? Taruh itu ke air dan lihat apa yang terjadi.” Musa melemparkan kayu itu ke air, dan airnya disehatkan.
TUHAN mendemonstrasikan kuasa-Nya untuk mengubah situasi mereka dengan cara menyehatkan air pahit. Kemudian TUHAN berkata, “Musa, Saya bukan hanya menyehatkan air – Saya menyehatkan orang!” Di konteks tersebut TUHAN memberi janji kunci kovenan kepada umat-Nya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara-Ku; maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun; sebab Aku TUHANlah yang menyembuhkan engkau.” (Kel. 15:26)
Jadi, selama bulan Iyar TUHAN menyingkapkan salah satu nama kovenan yang paling penting, “YEHOVA RAFA – TUHAN PENYEMBUH.”
Tetapi, tidak lama kemudian,  di Keluaran 16 Israel bersungut-sungut kembali. Sekarang mereka kehabisan makanan. TUHAN berkata kepada Musa, “Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.” (Kel. 16:12). Di sore itu burung puyuh berdatangan menutupi perkemahan mereka, dan di pagi harinya TUHAN mengirimkan manna.
TUHAN menyingkapkan rahasia kovenan yang lain dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Dia adalah YEHOA JIREH – Tuhan yang memperhatikan dan yang menyediakan.
Di Keluaran 17 Israel diserang suku Amalek. Musa pergi ke puncak bukit dan mengangkat tangannya. Selama tanganya diangkat, Israel menang; tetapi saat dia menurunkan tangannya, mereka kalah. Kemudian Harun dan Hur membantu Musa agar tangannya tetap terangkat, dan mereka memenangkan pertempuran itu.
Di konteks tersebut mereka belajar kalau pujian merupakan kunci kemenangan! TUHAN telah menyingkapkan aspek lain kovenan-Nya. Dia adalah YEHOVA NISI – Tuhan, Panji Kemenanganku.
Jadi di bulan Iyar, TUHAN menyingkapkan rahasia-rahasia-Nya. Dia itu Penyembuh kita. Dia itu Penyedia kebutuhan kita. Dia itu Panji Kemenangan atas setiap musuh kita.
Apa kalian mulai merasa kalau TUHAN ingin melakukan sesuatu dalam hidup kalian sewaktu kalian bergerak melewati bulan-bulan dan tahun-tahun bersama Dia?
TUHAN ingin kalian mengkonfirmasi-ulang kovenan kalian di Paskah di BULAN AWAL!
   . . . sehingga Dia bisa menyingkapkan rahasia-rahasia di BULAN KEDUA!
  . . . dan kemudian membawa kalian memasuki tingkatan baru secara utuh saat Pentakosta di BULAN KETIGA!
Bagaimana kita mempelajari rahasia kovenan TUHAN? TUHAN menyingkapkan rahasiaa-rahasia-Nya ke mereka yang mencari Dia. TUHAN itu Sang Pemberi wahyu. Daniel 2:21-22 mengingatkan kita bahwa, “Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian; Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.”
Matius 13:11 menunjukkan kepada kita, “Kepadamu diberi (dijamin -  Ing./NASB) karunia untuk mengetahui rahasia(-rahasia) Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.”
Tetapi TUHAN ingin kita MEMINTA kepada-Nya. Yakobus 1:5 memberitahu kita, “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, -- maka hal itu akan diberikan kepadanya.”
Di bulan Iyar TUHAN akan memberi berkat ekstra ke mereka yang telah menetapkan hatinya untuk mencari Dia agar menyingkapkan rahasia-rahasia kovenan-Nya. Jadi, mintalah kepada Dia untuk menyingkapkan rahasia-rahasia-Nya di bulan ini. Ijinkan TUHAN menyingkapkan kovenan-Nya kepada kalian dengan tingkatan realita baru sehingga kalian bisa berjalan dalam berkat-berkkat-Nya di sepanjang tahun.
Kita harus punya fondasi untuk menerima pengurapan di bulan kedua. Penyataan penuh berkat TUHAN dimulai di bulan ketujuh, tetapi di bulan ini kalian harus sudah memperoleh pengurapan untuk menerima dari Dia apa yang kalian inginkan.
Bulan Iyar dihubungkan dengan huruf Ibrani VAV yang menggambarkan “koneksi, dan terhubung. (Itu yang menunjukkan gambar hurufnya – yang berupa peniti penghubung!) Jadi, jika dalam bulan ini kalian bergerak maju dengan benar, bulan-bulan berikut di tahun ini akan terhubung dengan tepat.
Isakhar itu merupakan suku penghubung antara Yehuda dan Zebulun. Kalian perlu tahu bagaimana kalian harus terhubung di bulan ini sehingga bisa menetapkan arah jalan yang harus dijalani selama satu tahun. Ada beberapa kerangka-waktu di mana kalian perlu meresponi agar bisa melihat bagaimana bergerak maju memasuki musim berikut.
Bulan VAV berkaitan dengan bulan penebusan dengan bulan berikut, yaitu bulan memberi. Ucapan pujian kalian yang terus-menerus akan terhubung sampai persembahan itu diberikan di Pentakosta. Ini memberikan multiplikasi. Kemakmuran kalian dikaitkan dengan bagaimana kalian bereaksi di bulan ini.
Konstelasi atau perbintangan yang dikaitkan dengan bulan ini ialah Taurus (sapi jantan). Bagi orang Ibrani, sapi jantan merupakan lambang kekuatan. Konstelasi ini mengingatkan agar kalian bisa menemukan tempat kalian yang bisa meningkatkan kekuatan. Kita harus bergerak dari kekuatan ke kekuatan. Kita memang banyak melewati beberapa hal, tetapi harus tetap bergerak. Jika kalian memang bersandar kepada Tuhan, itulah yang akan terjadi. Pengurapan di bulan ini akan memampukan kalian mencari dan mencermati tempat untuk perbaikan, sehingga kekuatan kalian bisa dimanifestasikan dan ditingkatkan.
Bulan Iyar dihubungkan dengan hatinurani kalian, yang dikaitkan dengan proses berpikir dan emosi – aliran adrenalin kalian. Hatinurani merupakan lapisan jendela atau “mata” antara roh dan jiwa kalian. Oleh karena itu, ini merupakan bulan dimana TUHAN mau kalian membersihkan hatinurani. Ini seperti apa yang terjadi saat jari kalian teriris. Darah kalian punya suatu zat yang segera membuat jala untuk mengentalkaan darah. Jika hatinurani tidak bersih, jala itu akan terbentuk dan menghalangi angin Roh Kudus.
Untuk menjaga hatinurani bersih di sepanjang tahun, jendela sorga sorga dan jendela hatinurani kalian haarus diselaraskan. TUHAN bisa menjaga jendela sorga tetap terbuka, tetapi jika jendela hatinurani kalian tidak selaras, kalian akan kehilangan pewahyuan. TUHAN ingin yakin kalau jendela hatinurani kalian terbuka dan terselaras sehingga saat Dia mulai menghembuskan Roh-Nya, kalian tidak kehilangan apa yang sedang Dia hembuskan.
Secara Alkitabnya, bulan ini merupakan bulan kesembuhan alami. Ini tidak sama dengan mujizat. TUHAN ingin mengalirkan kesembuhan alami ke tubuh. Kalian tidak perlu lagi bergumul untuk kesembuhan. “Akulah Tuhan Penyembuhmu” (Kel. 15:26) akan termanifestasi di bulan ini.
Tuhan mula-mula akan memanifestasikan diri-Nya dengan nama ini saat Israel bersungut-sungut dan menuntut. Kita harus mengerti bahwa saat kita bersungut-sungut dan menuntut, kita membuka diri terhadap sakit-penyakit; dan dengan hal itu Setan sudah menjadwal sakit-penyakit di kalender kita.
Selama bulan Iyar, kalian perlu berurusan dengan jiwa kalian – yaitu pikiran, kehendak, dan emosi kalian. Kalau tidak, kalian tidak akan terselaras di sepanjang tahun.
Sekarang ini bulan dimana TUHAN sedang menyerap ke pikiran kalian. Pikiran kalian itu bukan otak kalian. Otak kalian akan menolak perubahan pikiran kalian. Jika kalian punya file yang salah di otak, file tu harus disingkirkan agar kalian bisa berpikir dengan benar. Pikiran itu proses berpikir hati kalian. Jika emosi kalian berantakan maka ada perasaan-perasaan yang dibenihkan di proses berpikir kalian.
Iyar adalah bulan untuk menerima nasihat spiritual sehingga kita perlu mengikat semua tenung-tenung yang ada dan minta Tuhan mengaktifkan suara nubuatan kita. Jika kita tidak melatih karunia kita, musuh akan memberikan yang palsu. Suara nubuatan palsu akan merusak penjaga (watchman). Kita perlu terus maju dalam penjaagaan kita di bulan ini. Oleh karena itu, tetapkan “mata penjaga” kalian dalam keadaan baik, baik yang ke dalam maupun yang ke luar. Karena sekarang bulan Isakhar, kalian dapat memahami saat-saat yang baik; dan misteri serta rahasia-rahasia akan mulai disingkapkan kepada kalian. ³

Bulan-3 Ibrani: SIVAN

Ringkasan:
IYAR (30 hari –Mei/Juni)
Penetapan: Shavuot (Pentakosta) – pemberian Taurat.
Alfabet: ZAYIN – menerima rahmat untuk menyelesaikan.
Suku: Zebulun, ‘bulannya orang-bisnis ‘.
Karakteristik:
Sivan itu bulan MEMBERI. Bulan menerima wilayah kalian. Bulan rahmat. Bulan penyelarasan (Musa, Maryam, Harun). Bulan untuk menyelaraskan antara perkataan  dan tindakan kalian (Ams. 10:9) sehingga bisa berkesinambungan,  terus-menerus membuat kemajuan dalam bergerak dari satu tingkatan ke tingkatan yang berikut.
Konstelasi: Gemini (2 lohbatu) Taurat diberikan di Sinai.
Warna/Batu: Putih dan kwarsa Jernih atau Batubulan Putih.
Sivan merupakan bulan ketiga dari duabelas bulan kalender Yahudi.
Sivan itu bulan Pentakosta, (Shavuot) yang merupakan perayaan besar kedua dari tiga perayaan besar dalam satu tahun.
Pentakosta merupakan perayaan tiga jenis, yang merayakan penyediaan TUHAN. Perayaan ini memperingati tuaian gandum (penyediaan fisik TUHAN), pemberian Taurat (penyediaan  pewahyuan TUHAN, yang terjadi di Gunung Sinai saat Pentakosta) dan penyediaan Roh Kudus di Kisah 2.
Huruf Ibrani ZAYIN itu dihubungkan dengan bulan Sivan. Zayin melambangkan penerimaan rahmat untuk menyelesaikan.
Sivan dihubungkan dengan suku Zebulun, yang dikenal dengan kemampuannya berbisnis dan di dunia-kerja. Jadi Sivan merupakan ‘bulan kepunyaan orang-bisnis.’ TUHAN ingin kalian melakukan beberapa bisnis bersama Dia di bulan Sivan. Dia ingin kalian mempelajari pinsip-prinsip kemakmuran.
Konstelasi yang berkaitan dengan Sivan ialah Gemini, yang menggambarkan dua lohbatu Hukum Taurat di Gunung Sinai. Bulan ini merupakan bulan yang sangat berbahaya. Hukum Taurat harus turun dua kali dari Sorga.
Ini juga bulan Yakub dan Esau, si kembar. Sekali waktu TUHAN berbicara kepada saya, Chuck Pierce, kalau saya memiliki sekaligus dua warisan, yang jahat dan yang Ilahi, dan saya harus memilihnya. Dia memberi pilihan di jalan mana saya harus berjalan dalam kewarisan turunan tersebut.
Di tubuh fisik kalian, bulan ini lambang ‘berjalan’; dan berjalan itu artinya ‘terus-menerus, kemajuan yang berkelanjutan.’ Ini merupakan bulan untuk pergi dari satu level kekuatan ke level yang berikutnyaa. Bulan ini penting untuk mengkaitkan perkataan kalian dengan perbuatan kalian (Ams. 10:9). Apa yang sedang kalian tetapkan dan ucapkan haruslah terselaras dengan apa yang sedang kalian lakukan. Mulailah melakukan apa yang kalian telah katakan di awal bulan. Sejumlah orang akan membuat pernyataan-pernyataan tetapi tidak pernah melakukan satupun yang mereka katakan. Satu hal yang saya akan lakukan ialah memperoleh visi dan bergerak di bulan April, kemudian saya akan pergi ke level berikutnya di bulan Juni. Kita butuh menghubungkan perkataan kita dengan tindakan kita, perhalus perasaaan/emosi kita dan bergeraklah menuju ke tujuan TUHAN.
‘Memberi’ itu faktor kunci di bulan ini. Saya selalu memberikan persembahan Buahsulung dan perpuluhan, tetapi kemudian saya menyiapkan diri untuk memberi persembahan khusus dalam bulan ini. Tiga aspek memberi/mempersembahkan yang kita harus masuki ialah: substansiwaktu, dan pewahyuan. Saya harus punya pemahaman ini dalam hidup saya karena karunia motivasi saya adalah memberi, yang akan memberi sukacita dalam hidup saya. Setiap kali saya memberi tanpa sukacita maka saya akan memasuki kekacauan rohani. Kalau kita hanya sekedar memberi, itu akan menciptakan jerat dalam hidup kita.
Salah satu hal yang harus saya pelajari ialah bagaimana mempersembahkan buahsulung pewahyuan yang saya terima. Jika kalian mencoba memberi pewahyuan ke kirbat/kantong anggur lama dengan harapan membuat kantong lama mereka berubah; kalian sama saja dengan membenturkan kepala ke tembok. Yang pada akhirnya akan membuat kalian benar-benar frustrasi.
Salah satu hal yang paling sulit untuk membuat perubahan, yang saya harus lakukan, ialah menemukan siapa-siapa yang benar-benar mau mendengar pewahyuan, dan tidak mencoba memaksakan ke mereka yang tidak mau bertindak. Ini akan mengubah hubungan kalian. Tidak ada penghukuman ke mereka yang tidak mau mendengarkan. Mereka hanya tidak berada di tempat di mana kalian berada. Alkitab mengatakan kalau karunia kalian akan menyediakan tempat bagi kalian. Tuhan mengatakan agar kita menanti saja dan Dia yang akan menunjukkan kepada kalian kemana dan dengan siapa kalian harus memberikan pewahyuan yang kalian terima.
Saat saya, Chuck Pierce, pertama kali datang di Denton, selama hampir satu tahun saya duduk saja di gereja ini, gereja yang sama sekali berbeda dengan gereja di Houston dimana saya biasa kunjungi. Saya menulis tiga nubuatan, tetapi Tuhan mengatakan Dia yang akan memberitahu kapan saat mereka membutuhkan itu. Dis suatu waktu Robert harus keluar kota dan dia minta saya berbicara di hari Minggu. Saya sedang menyiapkan kesaksian yang akan saya bagikan saat Tuhan meminta agar saya membagikan tiga nubuatan tersebut. Tuhan yang mengatur waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara ke orang yang tepat.
Bulan Sivan adalah waktu untuk melihat-ulang proses pemberian/persembahan kalian dan waktu untuk menerima wilayah-wilayah baru. Bulan ini juga dihubungkan dengan rahmat dan penyelarasan. Israel harus melewati beberapa ujian dengan Miryam karena dia dan Harun tidak tepat selaras dengan Musa. Saya selalu mengamati Miryam-Miryam selama bulan ini, tentunya baik wanita maupun pria, sewaktu mereka menghubungkan diri dalam penyembahan, dan juga secara menyeluruh. Miryam mendapatkan kusta dan seluruh perkemahan harus menghentikan perjalannya selama tujuh hari. TUHAN mengasihi Miryam dan memberi kesempatan kepadanya untuk mengubah dirinya dngan membuat penyelarasan yang benar. Lihat-ulang penyelarasan kalian di bulan ini.
Sorga terbuka dan Roh dicurahkan kepada mereka yaang sedang mencari Dia selama bulan Sabat ini, minggu-minggu perayaan. Kalian menerima rahmat supraalami dan anugerah untuk menyelesaikan hal-hal di bulan ini. Kalian akan merasa seperti kalian ada diseparo perjalanan dan merasa tidak sanggup lagi untuk menyelesaikannya, tetapi TUHAN akan men-download segala apa yang kalian butuhkan. Tiba-tiba saja kalian menjadi ‘ok’.
Sekarang kalian sedang dalam proses untuk mampu melihat dengan jelas melalui kaca tembus-pandang TUHAN. Dia sedang menaruh suatu jendela di atas kalian di awal bulan dan menghubungkan dengan jendela-jendela hatinurani kalian di bulan-bulan berikutnya, dan kemudian kalian akan bisa melihat dengan jelas bulan ini. TUHAN itu tuhan yang teratur, dan Dia tahu kalau kita biasanya tidak selalu memahami atau bisa menangkap tatanan Dia dengan segera.
Sivan itu juga bulan pernikahan, bulan kovenan. Kidung Agung merupakan kitab yang luarbiasa untuk dibaca selama bulan ini.
Ini merupakan bulan ‘sebab’, dan bukan ‘akibat’. Ada bulan-bulan tertentu dimana kalian bertindak sebagai katalisator dan bulan-bulan tertentu dimana kalian bisa melihat hasil-hasil dari apa yang telah kalian ciptakan – yang baik maupun yang buruk. Tindakan-tindakan khusus yang kalian lakukan akan menjadikan kalian sebagai suatu katalisator, tetapi hasil-hasil yang dinyatakan kemudian itu sama seperti prinsip tabur-tuai.
Kalian harus tahu kapan saat untuk ‘melanjutkan’ dan bukan sekedar asal melangkah/mengambil jalan, yang akan bisa membawa kalian ke jalan yang salah. Ada saatnya dalam masa satu tahun dimana kita harus memilih apa yang harus kita lakukan berdasarkan kehendak kita untuk melangkah ke suatu jalan tertentu tanpa dikendalikan oleh emosi kita. Ini salah satu hal yang membedakan kita dengan para malaikat. Para malaikat itu turun di tengah-tengah kita untuk melayani kita atau memberi kita pesan-pesan, tetapi kita harus melakukan pesan tersebut. Kita bisa menyangkali apa yang para malikat telah katakan dan bahkan melarikan-diri dari malaikat. Saya telah melihat hal itu terjadi. Saya sedang ada di suatu pertemuan yang dipenuhi oleh malaikat. Orang-orang mulai mencoba menggambarkan apa yang sedang terjadi dengan cara pikir Yunani mereka, dan akibatnya, semua malaikat itu pergi. Saya akhirnya meminta apa mereka mau mengundang kembali para malaikat tersebut datang kembali. Mereka semua sadar apa yang telah mereka lakukan sebelumnya.
Sivan itu bulan dimana kalian bisa memanfaatkan kekuatan yang telah ditambahkan kepada kalian di bulan yang lewat untuk memasuki level yang berikutnya. Baca Mazmur 84.
Bumi dan sorga terhubung dalam urutan waktu. Jangan biarkan cara pikir Yunani kalian membuat sesuatunya berantakan. TUHAN sedang bergerak melalui dan melewati, bukan memisah-misahkan, bulan-bulan. Bebarapa hal akan saling-tindih dan terikat satu dengan yang lain. Apa yang sedang kalian alami di suatu bulan merupakan bagian dari sebab-sebab yang akan kalian genapkan di bulan-bulan berikut sebagai lingkaran yang penuh. Kalian senang mengumpulkaan hikmat saat kalian bergerak maju memasuki kepenuhan rencana TUHAN. Kita telah membuang-buang banyak tahun, tetapi kuasa TUHAN yang menebus dan memulihkan bisa memulihkan dengan cepat apa yang telah hilang. Itu sebabnya mengapa Alkitab mengatakan tahun-tahun dimana belalang telah musnahkan akan dipulihkan. Begitu kalian bergerak di waktu TUHAN pemulihan akan dipercepat. Pemulihan kalian akan dua-kali lipat, empat-kali lipat, bahkan tujuh-kali lipat lebih cepat dari apa yang telah kalian sia-siakan. Jika kalian telah menyia-nyiakan 21 tahun, kalian bisa meraup kembali yang hilang dalam tiga tahun. Ini merupakan prinsip yang harus dipahami. Banyak orang yang mengembara tanpa rumah, menjalani kehidupan yang mengerikan. TETAPI ALLAH bisa memulihkaan semua yang telah hilang atau yang telah kita sia-siakan. Jadi, jangan menyerah dengan orang-orang yang telah membuat berantakan hidupnya dan mungkin hidup kalian. Ingat bagaimana para pekerja membangun keembali bait dalam waktu 52 hari padahal sudah diruntuhkan selama 70 tahun. Jadi kuatlah! 


Bulan-4 Ibrani: TAMMUZ
RINGKASAN:
TAMMUZ (29 hari – Juni/Juli)
Alfabet: CHET – terang memancar dari mata kalian
Suku: Ruben
Karakteristik:
Bulan untuk menjagai hati dan mata kalian (Ulangan 11:26; 30:15-19)
Perhatikan kemajuan kalian dan adakan penyesuaian
Bulan untuk MENYEMBAH . . . atau untuk membangun berhala anak lembu emas
Ini saat untuk visi! Perhatikan apa yang kalian lihat dan lihat kembali!
Penyelarasan kovenan menjadi sangat penting. Perhatikan semua ‘jabatan-tangan’ yang kalian lakukan di bulan ini (Kidung 5:2-12)
Konstelasi: Cancer (si kepiting), singkirkan ‘cangkang’/kulit dari tubuh kalian. Deklarasikan kalau setiap cangkang yang membungkus kalian remuk, dan kalian menjadi gampang dibentuk Tuhan.
Warna/Batu: Merah/Carnelian
Tammuz itu bulan keempat kalender Yahudi, yang mengawali musim panas. Rangkaian tiga bulan yang ada di musim ini – TammuzAv dan Elul – berkaitan dengan tiga suku di perkemahan: RubenSimeon, dan Gad, yang di tempatkan di bagian selatan Tabernakel.
Di bulan Tammuz-lah saat orang Israel berdosa dengan membuat anak lembu emas, yang menyebabkan dipecahkannya loh batu pertama yang diberikan Tuhan ke Musa. Di saat itu, hari ke-17 bulan Tammuz, mengawali rangkaian tiga-minggu – yang berakhir pada hari ke-9 bulan Av – yang ditandai juga dengan waktu penghancuran Bait Suci di Yerusalem.
Bulan ini juga bulan dimana Musa mengirimkan mata-mata untuk menjelajahi Tanah Perjanjian, melihat apa yang ada di sana dan melaporkannya kepada orang Israel. Mereka kembali di malam hari menjelang hari ke-9 bulan Av.
Tammuz itu bulan Ruben. Banyak dari kalian yang memiliki Ruben dalam hidupnya. Ruben itu anak sulung tetapi yang kehilangan kewarisannya. Saat kalian mempelajari sejarah Israel, banyak kejadian tragis yang terjadi di bulan ini. Meskipun begitu Ruben punya sisi penebusannya juga.
Ini bulan untuk menegakkan kecemerlangan kebenaran kalian. Kita berjalan dalam kebenaran Tuhan dan kita memiliki baju zirah kebenaran. Jika di bulan ini kebenaran kalian tidak bersinar, awas-awas, akan terjadi serangan negatif yang akan mendatangi. Perhatikan peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi di dunia nyata.
Cara untuk bergerak melewati bulan ini ialah melalui penyembahan. Jika kalian tidak cemerlang dalam penyembahan kalian maka berhala akan muncul di depan pintu. Di bulan ini perhatikan orang-orang yang ada di sekitar kalian dan dengarkan mereka. Di bulan ini anak lembu emas bisa menendang kalian. Berhati-hatilah untuk tidak sepakat dengan pembangunan berhala ‘anak lembu emas.’
Penyembahan menjadi aspek yang sangat penting di kehidupan rohani kita di bulan Tammuz ini. Sembah Tuhan dalam roh dan kebenaran.
Awasi mulut kalian dan akui apa yang terbaik yang Tuhan telah sediakan bagi kalian. Setuju-lah dengan panggilan yang telah Dia tetapkan di hidup kalian. Jangan memberi laporan yang jahat.
Di bulan ini terima panggilan kalian dan katakan destiny kalian. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatakan siapa diri mereka dan apa yang telah di-destiny-kan bagi mereka untuk digenapkan; itu yang membuat mereka jatuh ke hal-hal negatif.
Saya selalu menyukai siapa diri saya di dalam Tuhan. Jika saya tidak menyukai diri saya sendiri berarti ada sesuatu tentang Tuhan yang tidak saya sukai. Tuhan telah menjadikan kalian dan kalian harus berdamai dengan siapa diri kalian – sebagai ciptaan-Nya. Jika kalian tidak pernah menemukan penebusan dan peran kalian dalam hidup ini, kalian tetap ada dalam keadaan yang menyedihkan mengenai identitas kalian yang belum pernah kalian temukan. Jika kalian tidak berhati-hati, kalian bisa memberi laporan jahat terhadap diri kalian sendiri akibat sesuatu yang telah diciptakan di atmosfir kalian.
Ini bulan dengan alfabet CHET, yang menggambarkan terang yang memancar dari mata kalian. Terang yang kita telah kerjakan dengan melewati bulan-bulan lain harus kelihatan di mata kalian. Saya menerima satu email dari seseorang yang mengomentari kecemerlangan mata saya. Ini merupakan suatu pujian yang bisa mereka berikan kepada saya. Saya mau hidup seperti itu, di sepanjang waktu, dengan terang Tuhan yang memancar melalui mata saya. Kalian harus mencermati dengan seksama di bulan ini karena iblis mencoba memadamkan terang yang ada di mata kalian.
Bayangkan bulan Tammuz sebagai ‘film’ bulanan. Kalian bisa melihat-ulang kemajuan hidup kalian, dan bisa menghentikan hal-hal yang perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian. Tuhan bisa juga menunjukkan dimana kalian akan berakhir jika kalian tidak mencermati dan melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan.
Tammuz dikaitan dengan konstelasi/perbintangan Cancer, si kepiting. Bisakah kalian melihat mengapa iblis telah bekerja begitu keras untuk menutupi pemahaman akan bintang-bintang dan langit bagi kita? Ada alasan dimana perbintangan diartikan seperti telah diartikan saat sekarang ini. Sekarang merupakan bulan dimana kita menanggalkan cangkang atau kulit dari tubuh kita, sehingga membuat kita gampang diserang dan dilukai. Jika kalian tidak menanggalkan cangkang kalian, kalian akan mengeras dan tidak bisa masuk ke level pertumbuhan yang berikutnya. Deklarasikan bahwa setiap cangkang yang membungkus kalian diremukkan, dan kalian akan mudah untuk dibentuk oleh Tuhan.
Jagai hati dan mata kalian di bulan ini sehingga kalian tidak akan tersesat seperti Ruben.
Tammuz itu bulan kovenan yang benar, yang dikaitkan dengan kuasa dan kekuatan. Penyelarasan kovenan menjadi sangat penting. Lihat dengan seksama dengan siapa-siapa kalian berjabatan-tangan di bulan ini. Kovenan-kovenan apa yang sedang kalian masuki di bulan ini?

Bulan-5 Ibrani: AV
RINGKASAN:
AV (30 hari – Juli/Agustus)
Alfabet: TET – menggambarkan sebuah rahim – bulan dimana bumi mengerang – rahasia kandungan memasuki bumi
Suku: Simeon – mendengarkan; mempedulikan
Karakteristik:
Bulan dimana kita akan metamorfose atau terbelah.
Bulan dimana Singa mengaum (Amos 3:8).
Bulan dimana TUHAN akan menghancurkan sehingga bisa membangun kembali.
Cermati apa yang kita dengar dan putuskan bagaimana mengembangkan level baru untuk mampu membedakan atau menguji saran dan nasihat yang ada.
Dengarkan dengan seksama! Kalian akan meendengarkan kunci impresi di bulan ini.
Konstelasi: Leo (si singa) – kehendak Ilahi Bapa yang dilaksanakan.
Warna/Batu: Hijau/Emerald
Bulan Ibrani Av itu bulan ke-5 di 12 kalender Yahudi. Nama Av secara hurufiah berarti “bapa.” Av diturunkan dari akar kata yang berarti “mau” atau “menginginkan.”
Bulan ini merupakan “titik rendah” kalender Yahudi. Hari ke-9 bulan Av itu hari dimana orang Israel memilih untuk menerima laporan negatif ke-10 pengintai dan menolak masuk ke Tanah Perjanjian. Tanggal ini juga ditandai dengan penghancuran Bait Allah yang pertama maupun yang kedua di Yerusalem.
Jika kalian mempelajari sejarah Yahudi kalian akan menemukan bahwa orang Yahudi itu sepertinya terperangkap di lingkaran penghancuran. Di setiap tanggal 9 Av sepertinya ada jendela yang terbuka di atas mereka. Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut:
·         9 Av 587 BC – Pasukan Babilon menghancurkan Bait Salomo.
·         9 Av 70 AD – Pasukan Roma menghancurkan bait kedua.
·         9 Av 135 AD – Kekalahan terakhir Yahudi oleh Roma.
·         9 Av 1095 AD – Dimulainya Perang Salib pertama yang membunuh ribuan orang Yahudi.
·         9 Av 1290 – Orang Yahudi diusir dari Inggris.
·         9 Av 1492 – Orang Yahudi diusir dari Spanyol.
·         9 Av 1942 – Orang Yahudi dideportasi dari pemukimannya di Warsawa untuk dibunuh di kamp-kamp konsentrasi.
·         9 Av 2005 - Penyingkiran orang Yahudi dari Gaza.
Setiap orang yang melihat sejarah orang Yahudi di atas pastilah berpikir kalau hal itu tidak terjadi secara kebetulan. Mengapa hal ini terjadi?
Tanggal 9 Av merupakan tanggal dosa Israel karena ketidak-percayannya di Kadesh Barnea. TUHAN telah membawa mereka keluar Mesir dengan keperkasaan-Nya. Dia telah menunjukkan kepada mereka kesetian-Nya di padang belantara dan mengajar mereka di Sinai dan mewahyukan kemuliaan-Nya. Pada akhirnya Dia membawa mereka ke perbatasan Tanah Perjanjian di Kadesh Barnea.
Para pengintai memasuki Tanah Perjanjian dan membawa contoh buah-buah dari tanah tersebut. Mereka mengatakan, “Buah-buahan di Tanah Perjanjian ini luarbiasa! seperti yang telah TUHAN janjikan.”
Tetapi kesepuluh pengintai menambahkan, “Tetapi kita tidak memiliki kekuatan untuk merebut tanah itu.” Dua dari pengintai tersebut memberi laporang yang bersifat minoritas, “TUHAN bisa memberikan tanah tersebut ke tangan kita!” Ini sama seperti seperti yang juga seringkali terjadi, ada suara iman, ada suara tidak-percaya. Jika hal ini terjadi, kita perlu berhati-hati untuk bisa memilih dengan benar.
Di hari 9 bulan Av Israel memilih untuk mendengarkan suara TIDAK-PERCAYA!
Jadi, bulan Av pada mulanya merupakan hari dimana seharusnya orang Israel memasuki Tanah Perjanjian. Rencana TUHAN semulanya ialah agar pada bulan Av di setiap tahunnyaa bisa merupakan bulan untuk merayakan kebaikan TUHAN.
TUHAN merancangkan Av sebagai bulan untuk mereka rayakan karena mereka memasuki Tanah Perjanjian. Tetapi, mereka bukannya mempercayai TUHAN, tetapi orang-orang Israel sepakat dengan ketidak-percayaannya dan memberikan pengakuan yang negatif. Mereka mengatakan, “Musuh terlalu kuat bagi kami. Kita semua akan binasa! Mereka telah mencicipi BUAH Tanah Perjanjian tetapi menolak untuk masuk ke dalamnya. Mereka terhenti dalam ketidak-percayaannya dan dengan melakukan hal itu mereka dengan sengaja menempatkan diri-mereka di bawah kutuk.
Akibatnya, di setiap hari ke-9 bulan Av orang Israel menghadapi para musuhnya terlalu kuat dan mereka binasa. Seperti yang dijelaskan di Ibrani 4:1-2, “mereka menolak  untuk bertumbuh oleh iman (Ingg. Mereka menolak untuk mencampurkan janji dengan iman).” Hasilnya, bulan Av menjadi bulan ratapan dan kehancuran.
Karena dosa yang mereka lakukan di tanggal itu maka Israel menghabiskan empatpuluh tahun di padang belantara. Di akhir waktunya, TUHAN, dalam anugerah-Nya, akan memberi mereka kesempatan kedua untuk memasuki kembali Tanah Perjanjian. (TUHAN itu TUHAN  kesempatan kedua). Tetapi mereka tidak benar-benar pernah bertobat dari dosa-dosanya sehingga di setiap tahun lingkaran-kutuk itu datang kembali, dan jendela penghancuran terbuka kembali bagi orang Israel.
Jika kalian tidak bertobat atas dosa-dosa masa lalu kalian, Setan akan bebas membawa kutuk dosa tersebut untuk dijeratkan kepada kalian, dan membuka pintu penghancuran.
Cara untuk bisa tahu kalau kalian benar-benar telah bertobat ialah kalau kalian sudah tidak melakukan dosa itu lagi. Itulah sebabnya kita tahu mengapa Israel tidak pernah bertobat. Israel mengulangi semua dosa Kadesh Barnea kembali saat Yesus datang. Kitab Ibrani memberitahu kita bahwa saat Yesus datang, mereka telah mencicipi buah yang baik dari jaman yang akan datang. Mereka mendengarkan kata-kata-Nya, dan melihat mujizat-mujizat-Nya, tetapi mereka membelakangi-Nya dalam ketidak-percayaannya dan menolak untuk memasuki dan menerima janji-janji Mesias.
Tetapi Firman menjamin kita kalau di suatu hari nanti Israel akan kembali dan percaya kepada Yesus sebagai Mesias. Seperti Israel di jaman Yosua, generasi yang berikut akan masuk ke dalamnya; dan jika hal ini terjadi, kutuk hari ke-9 Av akhirnya akan dipatahkan.
TUHAN tetap menginginkan Av menjadi suatu bulan berkat dan bulan untuk merayakan kebaikan-Nya. Av itu satu bulan yang akan memberikan JANJI kepada kita!
·         Kita bisa memilih untuk MENERIMA kutuk!
·         Kita bisa memilih untuk MEMATAHKAN kutuk!
·         Kita bisa memilih untuk MEMPERCAYAI JANJI TUHAN!
·         Kita bisa memilih untuk MEMASUKI BERKAT-BERKAT TUHAN!
Jadi, di bulan ini terimalah janji-Nya dan campurkan itu dengan IMAN kalian!
Av itu bulan suku Simeon. Dia itu suku yang berantakan, tetapi ada kuasa penebusan bagi Simeon.
Kalian itu dicangkokkan ke suatu warisan. Jika kalian orang Kristen yang telah dibeli denga darah Yesus, kalian dicangkokkan ke kovenan Abraham. Di kovenan ini ada pola-pola yang salah. Melalui darah Yesus semua hal dipulihkan, tetapi iblis akan mencoba mengaktifkan pola-pola yang salah dan membuatnya termanifestasi. Jika kalian tidak stabil dalam aliran-darah kalian, ada waktu-waktu dimana kalian harus segera melakukan pendisiplinan rohani sehingga roh itu tidak datang dan menyingkirkan kalian keluar.
Disinilah bagaimana para pekerja iblis melakukan tugasnya. Mereka tidak tidak pernah menghormati manusia, dan mereka tidak pernah bermain jujur. Jika mereka melihat kalian menghadapi hari buruk, mereka akan mengerubuti kalian. Mereka tidak akan mundur walaupun melihat kalian berusaha dan bergumul. Mereka akan mengambil setiap kesempatan untuk mencoba mempengaruhi kalian agar bersepakat dengan mereka. Mereka paham akan pola-pola kesalahan dan dosa.  Saat Setan dilempar dari Sorga, ketidak-benaran itu mlekat di dalam dirinya. Oleh karena itu setiap kali kita setju dengan dia akan terbentuk akar baru dalam hidup kita. Itulah sebabnya mengapa TUHAN harus selalu berurusan dengan kalian di sepanjang tahun dan memberi kita kesempatan bertobat dan untuk dilepaskan. TUHAN selalu bisa melepaskan kalian, tetapi kalian sendiri yang harus memilih untuk mau berjalan dalam kemerdekaan.
Av itu bulan untuk mendengar dan memahami. Kalian harus memutuskan apa yang harus didengarkan. Jika ada suatu kata yang telah diberikan dan kalian memutuskan untuk tidak melakukannya, inilah bulan dimana konsekwensi akan dimulai.
Jelasnya, ada pola-pola tertentu yang ada di antara sorga dan bumi yang ditetapkan TUHAN. Didasarkan atas tanggapan kita akan kedaulatan TUHAN, kita bisa mengubahkan kondisi atmosfir yang ada di sekitar kita.
Kalian bisa selalu melihat kedaulatan TUHAN yang terjadi di bulan ini. Apa yang saya maksudkan dengan kejadian-kejadian kedaulatan TUHAN ialah TUHAN yang membuat keputusan-keputusan untuk melakukan hal-hal khusus yang didasarkan atas apa yang telah kita putuskan di waktu yang lalu. Kita membuat keputusan, yang secara cepat atau lambat akan termanifestasi. TUHAN itu bukanlah TUHAN yang hanya bisa memalingkan kepala dan membiarkan kita melakukan sendiri apa yang kita inginkan. Dia mencatat apa yang kita kerjakan di sebuah kitab, “Telah dituliskan!”
Av itu dikaitkan dengan konstelasi Leo (si singa). Ini merupakan bulan dimana Singa mengaum (Amos 3:8). Ini merupakan bulan profetis yang paling luarbiasa di antara bulan-bulan profetis yang ada. Saat si singa – umat TUHAN – mengaum, akan tercipta tudung profetis. Amos 3 itu menuliskan tentang membuka apa yang ada di atas kalian dan suara yang dimulai akan diperdengarkan-ulang di bumi.
Av itu bulan dimana kehendak Ilahi Bapa akan dilaksanakan. TUHAN mengijinkan hal-hal untuk dihancurkan sehingga Dia bisa membangun-kembali. Ada waktu-waktunya saat TUHAN berkata, “Cabikkan apa yang ada agar bisa dimulai yang baru.” Pernahkah kalian mencoba melakukan sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya? Bisa saja kita telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk melakukan proses yang pertama; tetapi saat tidak berjalan dengan semestinya, akan lebih mudah untuk menyingkirkan hal yang tidak ketahuan ujung-pangkalnya itu, yang membikin kusut, untuk memulai yang baru, yang akan lebih baik dan akan berjalan dengan lancar di proses yang kedua. Itulah kadang-kadang yang TUHAN lakukan saat bekerjasama dengan kita.
Dalam bulan ini, bumi mulai mengerang, jadi kita harus mencermati gempa-gempa bumi yang ada dan dimana itu terjadi.
Huruf Ibrani untuk bulan Av adalah TET, yang artinya “bapa”. Huruf TET di Ibrani itu menggambarkan rahim. Ada hal-hal tertentu yang sedang dibuahi di bulan ini. Di bulan Av, rahasia tentang kandungan mulai memasuki bumi. Pernahkah kalian melihat seorang perempuan mengandung? Dia bisa menutupi kandungannya untuk sementara waktu, tetapi akan tiba waktunya dimana dia mulai menunjukkan perutnya yang membesar. Dia bisa sudah menglami proses kehidupan kandungan bahkan sebelum tubuhnya mulai menampakkan perubahan fisiknya. Kalian akan bisa melihat proses bagaimana ini bekerja di alam nyata. Umat profetis TUHAN bisa mengalami dan menerima kata-kata nubuatan sebelum itu termanifestasi. Ini juga membantu kalian bisa melihat bagaimana Alkitab itu dituliskan untuk menunjukkan kepada kita bagaimana kovenan bekerja.
Ini merupakan bulan dimana kerajaan akan berkembang melalui kemitraan. Sekali lagi, perhatian dengan seksama kemitraan kalian di bulan ini. Cermati persekutuan kalian.
Ibrani mengaitkan Av dengan level baru untuk bisa membedakan. Di bulan ini kalian akan mengalami pengembangan level untuk bisa membedakan, atau kalian akan menentang saran dan nasihat yang ada. Saat kalian melihat kembali kehidupan kalian, kalian bisa mengenali waktu-waktu dimana ada orang-orang memberi kalian saran dan nasihat; tetapi kalian pikir kalian lebih tahu dari siapa pun juga dan tidak bertindak atas dasar nasihat tersebut.
Alkitab mengatakan di Mazmur 32 bahwa TUHAN memerintah atas hidup kalian dan menuntun kalian dengan mata-Nya. Di proses ini, jika kalian tidak mengijinkan Dia bekerja bersama kalian, maka kalian sebenarnya sedang menolak tuntunan-Nya, seperti seekor kuda atau keledai yang harus diberi kuk. Tuhan akan memberi kita kesempatan untuk mengikuti Dia dan melewati semua hal, tetapi kadang-kadang muncul hambatan untuk mau mengikuti tuntunan-Nya. Pakai hikmat dan injinkan Tuhan membimbing kalian dan perhalus kemampuan kalian untuk bisa membedakan di hari-hari mendatang yang kristis.  ³
MENGENAL SUKU SIMEON
Putra kedua Yakub adalah Simeon. Simeon berarti “mendengar.” Saat Lea mengetahui kalau dia melahirkan anak kedua bagi Yakub, dia berkata, “Karena Tuhan telah mendengar kalau saya tidak dicintai, Dia telah memberikan anak ini juga.”
Simeon itu pembuat keonaran. Saat Yakub kembali dari Kanaan dengan keluarganya, salah satu tempat yang disinggahi ialah Sikhem. Anak raja Sikhem jatuh cinta terhadap anak perempuan Yakub, Dina, dan memperkosanya. Pangeran itu ingin untuk menikahinya. Yakub setuju asal semua laki-laki di kota itu mau disunat. Dengan percaya semua laki-laki di Sikhem disunat. Saat mereka ada dalam keadaan sangat kesakitan, Simeon dan suadaranya, Lewi, menyerang kota dan membantai para laki-laki untuk balas-dendam pada pemerkosaan yang dilakukan terhadap Dinah. Tidak ada tanda-tanda kalau Simeon pernah menunjukkan penyesalan atau pertobatan akan hal ini.
Saat saudara-saudaranya merencanakan untuk membunuh Yusuf, hanya Ruben yang disebutkan yang menentang rencana ini. Simeon sepertinya yang secara aktif ikut ambil bagian dalam rencana ini. Saat anak-anak Yakub pergi ke Mesir untuk membeli gandum, Yusuf menyandera Simeon sampai yang lain-lainnya kembali sambil membawa Benyamin, seperti tuntutannya. Sebelumnya mereka sudah membicarakan atas kesalahan merekaa yang memperlakukan secara tidak adil kepada Yususf. Mungkin pilihan Yusuf itu bukan asal-asalan, tetapi untuk melihat apakah Simeon menunjukkan penyesalannya atas perbuatan yang telah membuat Yusuf menjadi budak.
Saat Yakub memberkati anak-anaknya sebelum meninggal, Yakub mengungkit kembali peristiwa Sikhem, melepaskan dirinya dari tindakan tersebut, dan menyatakan kalau Simeon dan Lwei akan tercerai-berai. Ini digenapkan dimana warisan keturunan Simeon seluruhnya ada dalam wilayah Yyehuda. Suku ini pada akhirnya terserap di dalam suku Yehuda. Suku Lewi tidak memiliki kewarisan sendiri tetapi diberikan kota-kota dalam kewarisan masing-mmasing suku. Kedua suku sesungguhnya tercerai-berai dan terserap.
Di padang belantara, Simeon berkemah dan berbaris bersama kelompok suku-suku terbesar kedua yang terdiri dari Ruben, Simeon, dan Gad. Zimri, orang Simeon, melakukan dosa seksual dengan perempuan Midian yang dicatat di Bilangan 25.
Di Tanah Perjanjian, Simeon mula-mula berperang bersama-sama Yehuda untuk membantu merebut kewarisannya; kemudian Yehuda berperang bersama Simeon untuk merebut bagiannya. Inilah satu-satunya yang menyebutkan kedua suku berperang bersama-sama untuk merebut wilayahnya. Mereka juga memrupakan satu-satunya dua suku yang tidak memusnahkan orang-orang Kanaan dari kewarisannya.
Lebih dari 70.000 pahlawan suku Simeon bergabung dengan Daud di Hebron saat Daud diurapi sebagai raja Yehuda. Banyak dari suku Ruben cacad terhadap Israel dan bergabung dalama kebangunan di bawah Asa, raja Yehuda. Meskipun begitu, selama kebangkitan raja Yosia dari Yehuda, banyak mmezbah-mezbah berhala di teritorial Simeon.
Musa tidak memberikan berkat dan nubuatan kepada Simeon saat dia memberkati suku-suku lain sebelum meninggalnya, tetapi Yehezkiel memasukkan Simeon dalam suku yang akan memiliki teritorial di kerajaan yang akan datang (Yeh. 48:24). Dia ditempatkan di gerbang selatan Yerusalem Baru bersama Isakhar dan Zebulun (Yeh. 48:33).

Bulan-6 Ibrani: ELUL
RINGKASAN:
AV (29 hari – Agustus/September)
Alfabet: YUD – penunjukkan belas-kasihan dari tangan TUHAN
Suku: Gad
Karakteristik:
Bulan dimana ‘sang Raja ada di padang;” dekati Dia dan ijinkan wajah-Nya menyinari wajah kalian.
Bulan untuk memperbaiki apa yang telah dirobohkan/dirusak.
Bulan untuk menemukan tempat kalian di ‘perusahaan’ Tuhan.
Bulan untuk lari ke menara yang kuat.
Bulan ‘ibu’ – bulan untuk menyusui atau memberi makan atau memelihara.
Iman itu membutuhkan tindakan. Ini bulan pelayanan rohani, organisasi, manajemen.
Konstelasi: Virgo (anak dara) - Kekasihku kepunyaanku, dan kepunyaanku kekasihku.
Warna/Batu: Abu-abu/Yasper atau Hemati
Elul itu bulan keenam dari duabelas bulan kalender Yahudi. Elul disebut ‘bulan pertobatan,’ ‘bulan belas-kasihan,’ dan ‘bulan pengampunan.’ Elul mengikuti dua bulan sebelumnya; Tammuz dan Av, bulan-bulan dimana bangsa Israel melakukan dosa besar, dosa anak lembu emas dan dosa pengintai.
Ini bulan dimana ‘sang Raja ada di padang.’ Semua bisa mendekat kepada-Nya dan Dia akan menyinarkan wajah-Nya atas setiap orang.
Elul itu bulan persiapan untuk ‘bulan kudus’ Tishrei. Bulan ini adalah bulan saat Musa naik ke gunung Sinai untuk menerima ‘loh perjanjian’ yang kedua. Hari-hari ini adalah hari-hari dimana TUHAN menyingkapkan diri-Nya ke orang Yahudi dengan belas-kasihan besar-Nya.
Elul itu bulan Gad. Ini bulan transisi yang baik, menjadi bulan terakhir tahun, mendahului ‘perayaan musim gugur.’ Hari-hari mulai dari Peniupan Serunai sampai ke Perayaan Tabernakel merupakan hari-hari kudus di kalender Alkitab. Ini merupakan waktu untuk menyiapkan diri datang ke hadirat TUHAN dan kemuliaan-Nya. Sebelum perayaan dimulai ada bulan Elul ini.
Kata ‘Elul’ membentuk seperti teka-teki silang yang menarik. Ada ungkapan di Kidung Agung 6:3, ‘Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku!’ Di Ibrani, huruf pertama dari setiap kata di frase tersebut diucapkan sebagai nama bulan ini, ELUL.
TUHAN ingin menjumpai kita dengan cara khusus, dan membagikan waktu keintiman khusus untuk bersama-Nya. Elul itu ‘berlabuhnya waktu,’ seperti ‘kota perlindungan’ terhadap penghancuran hidup.
Orang Yahudi punya ungkapan yang menarik untuk menggambarkan bulan ini. Mereka mengatakan , ‘Elul itu bulan saat Sang Raja ada di padang.’ Begitu kalian mulai memahami arti ungkapan ini, kalian akan melihat bagaimana TUHAN memang ingin berhubungan dengan kalian di hari-hari ini.
Di sepanjang tahun raja itu hidup di istana, dilindungi oleh pasukan penjaga dan ada dibalik gerbang besi. Untuk bisa bertemu raja kalian harus membuat janji terlebih dahulu, mempelajari protokol istana, dan berpakian dengan benar. Kemudian kalian akan didampingi untuk masuk ke istana yang megah dengan melewati pasukan keamanan berlapis-lapis. Masuk ke ruang tahta itu sangat menggentarkan. Kalian harus sangat berhati-hati dengan apa yang kalian ucapkan dan lakukan, karena di saat itu sang raja sedang ada di tahtanya.
Tetapi satu bulan setiap tahunnya sang raja meninggalkan istananya dan pergi ke tengah-tengah rakyatnya. Dia mendirikan tenda kerajaan di padang, di dekat sebuah kota, dan semua yang ingin menemui dia akan disambut. Dibuatlah pengumuman: ‘Raja ada di padang!’ TUHAN menyediakan waktu khususnya bagi kalian selama bulan Elul. Kalian tidak perlu naik ke sorga untuk menarik perhatian-Nya atau mengikuti beberapa protokol agamawi. Sekarang adalah waktu dimana TUHAN datang ke padang – dimana kalian tinggal – untuk membuat diri-Nya bisa ditemui dan mengejutkan kalian dengan hadirat-Nya. Dia bisa saja memanifestasikan diri-Nya di tempat kerja kalian: di runag kelas kalian, di kantor kalian, atau di toko kalian. Jelasnya, Dia ingin bertemu dengan kalian setiap hari di hidup kalian.
Elul itu gambaran pelayanan Yesus di bumi. Yohanes 1:14 menggambarkan kedatangan Yesus dengan kata-kata, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita.’
Kata ‘diam’ itu sesungguhnya kata untuk ‘tenda/kemah’ atau ‘tabernakel’ Di dalam Yesus, Raja alam semesta, meninggalkan istana dan datang bertabernakel di antara kita. Dia hidup di padang kita, di suatu kemah daging yang fana. Selama 33 tahun sang Raja itu ada di padang, di bumi.
TUHAN ini, Raja ini, ada di padang kita hari ini. Bagaimana meresponinya? Idealnya, kita harus merespon dengan berlari kepada-Nya. TUHAN telah turun kepada kita. Jadi segeralah berlari kepada-Nya, peluklah Dia, benamkan diri dalam pelukan-Nya, dan berikan diri kalian secara total kepada-Nya.
Orang Yahudi menyebut ini sebagai bulan ‘lobang-jarum.’ Beri TUHAN ‘lobang-jarum’ dalam hidup kalian. Berikan tempat bagi-Nya, bahkan meskipun tempat yang sangat kecil dan sempit sekali pun, yang sepenuhnya dan seluruhnya bagi Dia. Kemudian Dia bisa mencurahkan kasih dan kesetiaan-Nya sepenuhnya kepada kalian.
Selama Elul, TUHAN berkata, ‘Bukakan bagi-Ku suatu lobang-jarum, maka Aku akan membuka bagimu koridor yang sangat luas ke Ruang yang Besar!’ Dia berkata, ‘Saya tidak menuntut kalian mengubah seluruh hidup kalian di bulan ini; Saya hanya minta agar kalian membuka suatu lobang-jarum saja.’ Temukan suatu tempat di hidup kalian yang kalian bisa secara total mendedikasikannya kepada-Nya dan membiarkan Dia membuktikan diri-Nya kepada kalian.
Jadi tanyakan pada diri sendiri: ‘Bagian mana dari hidup saya yang bisa saya serahkan sepenuhnya ke tangan TUHAN?’ Apa yang bisa mencemaskan kalian, sehingga kalian bisa mempercayakan diri kepada-Nya? Perhatikan akan kecemasan dan kekuatiran yang telah menyedot kekuatan kalian dan lemparkan semuanya ke Dia. Kemudian ijinkan Dia menyinarkan perkenanan-Nya kepada kalian.
Ini bulan untuk menemukan tempat kalian dalam tatanan kemah. Saat ini di tahun ini, banyak orang kehilangan kesempatan untuk menemukan tempatnya sehingga membuat mereka mengembara. Mungkin saja TUHAN sudah memberi mereka kesempatan, tetapi ketidak-percayaan mereka mencegahnya untuk bisa terhubung. Kita semua akan melewati peristiwa demi peristiwa, tetapi jika kalian tidak mengatasi kekurang-percayaan kalian dengan benar, kalian tidak akan bisa terhubung. Akibatnya kalian akan tetap ada di kemah kalian dan benar-benar sendirian.
Saya, Chuck Pierce, tidak ingin berakhir sendirian di kemah. Beberapa dari kalian bisa jadi begitu senang tinggal di kemah sendirian, tetapi saya tidak mau seperti itu. Saya mau ada orang lain di kemah saya, dan saya akan menemukan tempat saya di kemah bersama orang lain.
TUHAN tidak ingin kita memiliki kehidupan yang menyendiri. Dia melihat Adam membutuhkan seorang teman dan dijadikanlah Hawa. TUHAN mengambil Nuh dengan keluarganya masuk ke Bahtera dan binatang pun masuk berpasang-pasangan. Tuhan membangun suku-suku dan suatu tatanan agar mereka berfungsi sebagai komunitas dan sebagai unit perang bagi perlindungan mereka. Yesus mengirim murid-Nya berdua-dua. Jika kalian mengembangkan pola isolasi/menyendiri, sebenarnya kalian punya akar penolakan, dan ketidak-percayaan, yang akan mencegah kalian bisa sampai ke kepenuhan dinamika bersama Paskah/melewati kehidupan kalian. Kalian akan menemukan diri kalian di padang gurun sendirian.
Saya tidak ingin ada di padang gurun sendirian. Jika kita mau masuk ke padang gurun, marilah kita pergi bersama-sama. Ada musim-musim padang gurun yang kita semua harus lewati. Yesus mengajar tentang prinsip yang alkitabiah. Jika kalian tidak berada dalam kemah bersama maka saat kalian pergi memasuki padang gurun, kalian sebenarnya sedang mengisolir diri sedemikian rupa sehingga neraka akan mudah menangkap kalian. Seekor singa akan memperhatikan ternak yang sendirian dan akan menerkam ternak yang tertinggal sendirian di belakang, atau yang menyimpang dari kelompoknya. Kalian sekali-kali akan memasuki padang gurun karena itu tempat kalian diuji agar bisa memberikan kesaksian. Padang gurun itu dikaitkan dengan konfrontasi kalian dengan musuh. Jika kalian ada dalam tempat bersama-sama, musuh tidak akan mampu mengambil kalian. Tempat yang aman itu ada dalam jumlah, semakin besar jumlahnya akan semakin sulit musuh untuk memasukinya.
Saat saya ada di China beberapa tahun yang lalu, Tuhan memberikan kata ‘sekarang’ kepada saya. Dikatakan, ‘Waktunya sekarang bagimu untuk mengumpulkan domba-domba yang terserak-serak.”  Ada ratusan domba yang tercerai-berai di luar sana. Saya cukup tidak agamawi agar sanggup menolong mereka yang telah mengisolir diri dan keluar dari struktur korporasi mereka, dan mereka bisa kembali masuk dan serta mendapatkan posisinya. Para pemimpin itu dipercayakan sebagai penilik anggota Tubuh Kristus.
Kita tidak hanya berbicara tentang satu bulan. Kita sedang membicarakan suatu proses waktu, suatu siklus kehidupan, dalam satu tahun. Kita semua melewati tragedi dan kadang-kadang suatu masa yang menyedihkan. Meskipun begitu, ketika kalian memahami kalau ada proses berkat yang TUHAN telah ciptakan bagi kalian untuk bisa diterima pada waktunya, maka kalian dapat mengalami berkat dan kemenangan melalui proses.
Proses yang sama terjadi di padang gurun. Saat ada dalam musim padang gurun kaliaan, kalian bisa tetap bergerak untuk melewati siklus berkat. Jika seseorang tidak mengalami berkat, artinya mereka telah menyerah dari proses atau posisi mereka. Lokasi rohani berkat mereka tidak terhubung dan mereka sepertinya tidak mampu terhubung kembali.
Bagian pengurapan Iskhar ialah mampu bersyafaat bagi mereka dan membawa mereka melewati siklus-siklus berkat ini dan memampukan mereka menerobos keluar dari kesedihan dan traumanya. Syafaat itu suatu proyek, yang punya awal dan akhir. Saya tidak mau terus tinggal dalam syafaat saya untuk suatu hal di sepanjang hidup saya. Pensyafaat menjadi perantara bagi TUHAN dan kemudian mereka menjadi perantara dengan iblis di benteng pertahanannya. Kalian tidak ingin punya kehidupan yang kacau-balau karena terus-menerus meladeni iblis. Kalian mau menjadi perantara melewati suatu proses kemudian berisitirahat, sebelum mengambil melakukan tugas yang berikutnya. Jika kalian pernah mengalami kesedihan, cara kalian memproses berkat akan berbeda dengan mereka yang belum mengalami kesedihan. Kalian harus memproses kehilangan kalian melewati siklus ini. Jika kalian mau merayakan Rosh Chodesh setiap bulannya, kalian akan memperoleh berkat di setiap bulannya, yang akan menggantikan apa yang telah hilang. Kalau tidak, kalian hanya sekedar tinggal di kehilangan kalian, dan ada beberapa orang melakukan hal yang demikian ini. Jika kalian mau proses melewati berkat di setiap bulannya, Tuhan akan memampukan kalian menerima banyak dengan melewati proses kematian ke penyembuhan. Kalian akan menjadi seperti perawat yang terampil, penuh belas-kasihan, yang akan meneriman dan membawa belas-kasihan lebih banyak lagi. Tangisan kalian akan berubah menjadi sukacita.
Elul itu bulan Gad, yang berarti ‘keberuntungan yang baik.’ Akan ada pengharapan keberuntungan yang baik di sepanjang bulan. Imbalan akan mulai termanifestasi sesuai dengan apa yang telah kalian kerjakan. Pikirkan hal ini: Imbalan. Saat untuk menerima imbalan. Saya butuh imbalan. Banyak orang tersingkir karena mereka tidak pernah melihat imbalan atas beban yang telah mereka pikul. Jika hal ini merupakan pengalaman kalian, itu artinya kalian tidak memproses dengan benar beban yang kalian pikul. Kalian harus belajar untuk menerima kelimpahan dalam segala hal. Misalnya, jika seseorang yang kalian kasihi meninggal, kehilangan itu akan selalu membuat batasan waktu spiritual kalian. Kalian harus memproses rasa kesedihan akan kematian dan perpisahan tersebut. Di Alkitab kita bisa melihat ada tujuh-hari proses penderitaan dan satu tahun proses kesedihan sehingga kalian bisa menerobos ke apa yang TUHAN telah berikan untuk masa depan kalian. Kalian tidak mau dan tidak ingin hidup dalam kesedihan selamanya, bukan?! Itulah sebabnya mengapa Naomi mengatakan kepada Rut agar mengganti pakaiannya sehingga dia bisa berpindah ke pemulihan. Rut harus membuat keputusan untuk tidak terus mengenakan baju perkabungan di sepanjang hidupnya. Dia harus mandi, dan mengganti bajunya, dan membaringkan diri di kaki Boaz, sehingga dia bisa membuat perubahan.
Bulan Elul dikaitkan dengan huruf Ibrani YID, yang berarti ‘TUHAN memiliki belas-kasihan di tangan-Nya.’ Kalian tidak perlu lagi mencoba memikirkannya, tetapi ambil saja dari tangan-Nya belas-kaksihan TUHAN yang telah disediakan bagi kalian. Jika kalian gagal mengambil di bulan ini, maka raih kembali, dan keluar dari masa lalumu untuk memasuki masa depanmu di bulan depan.
Elul itu dikaitkan dengan konstelasi Virgo, si anak dara. Pikirkan secara hubungan, ‘Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku!’ Ini bulan baik untuk memproses dan mengalami tingkat baru keintiman dengan Tuhan.
Bulan ini adalah waktu untuk berlari ke menara yang kuat. Ada kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan kekuatan kalian yang akan bisa membungkus kalian, yang bisa disamakan dengan suatu peristirahatan. Jika kalian tidak yakin kalau kalian bisa berdiri di bawah tekanan beban yang kalian sedang pikul, Tuhan berkata, ‘Angkatlah itu di bawah Saya.’ Saat beban syafaat ada pada kita dengan begitu kuatnya sehingga kita merasa seperti segala sesuatunya tidak berguna, itulah saat dimana Dia bisa mencurahkan hal-hal yang baru untuk masuk ke dalam diri kita.
Pengenalan akan kedamaian yang ada di dalam kita harus diaktifkan di bulan ini. Kalian punya kedamaian karena TUHAN Damai Sejahtera tinggal di dalam kalian. Kalian disucikan dan dijadikan kudus di tubuh, jiwa, dan roh kalian oleh TUHAN Damai Sejahtera. Selalu temukan waktu untuk mengumpulkan kembali sehingga kalian menjadi utuh. Kita pernah melewati pergumulan-pergumulan sulit dan terluka. Kita hidup di dunia yang sebenarnya dengan roh-roh yang sebenarnya. Itulah sebabnya mengapa TUHAN telah menegakkan waktu bagi kalian untuk mengumpulkan kembali apa yang tercerai-berai, dan menikmati hidup.
Elul itu bulan ‘titik.’ Kita perlu memahami bagaimana sesuatu itu dimulai sehingga kita dapat mengakhirinya. Jika kita tidak tahu bagaimana kita saat ini ada di sini, dan ke mana akan menuju, kita tidak akan tahu bagaimana bergerak ke tempat yang berikutnya. Kalian harus sampai ke suatu titik dalam hidup kalian dimana kalian akan mengetahui bagaimana hidup kalian bisa sampai berantakan; TUHAN sudah memberikan bulan untuk kalian bisa keluar dari keadaan yang berantaan tersebut. Minta TUHAN menunjukkan kepada kalian bagaimana sampai kalian bisa berada di tempat tersebut dan bagaimana caranya kalian bisa pergi kemana yang seharusnya kalian berada. Kalian mungkin saja telah bermimpi bagaimana kalian bisa lepas dari situasi yang buruk itu, atau ada pewahyuan dari Firman, atau ada kata profetis dari Roh Kudus yang memberi kalian pengertian.
Ini juga bulan untuk memperbaiki apa yang sudah roboh. TUHAN akan memberitahu kalian apa yang perlu diperbaiki dan rencana untuk melakukan apa pun yang kalian perlukan untuk memperbaiki apa yang telah roboh itu. Jika apa yang telah roboh itu tidak bisa diperbaiki, Dia akan memberitahu kalian, sehingga kalian bisa membiarkan hal itu dan bisa memulai sesuatu yang baru dan segar. Di bulan ini sistem yang rumit akan bisa dikelola. Kalian punya banyak masalah yang terjadi di hidup kalian, dan tiba-tiba saja kalian melihat bagaimana kalian bisa meletakkan semuanya bersama-sama.
Elul itu bulan pemeliharaan atau pengasuhan ibu. Kalian perlu mengetahui siapa yang memelihara kalian, sekaligus siapa yang telah ditetapkan untuk menjagai kalian. Ini bulan saat Ribka melahirkan Yakub dan Esau; jadi cermati apa yang sedang bergumul bagi kalian di bulan ini.
Ini bulan untuk yakin kalau emosi dan tindakan kalian benar-benar ditundukkan kepada Tuhan. 

MENGENAL SUKU GAD
Gad itu anak ketujuh Yakub. Ibunya adalah Zilpa, budak Lea (Kej 30:11). Kelahirannya disambut Lea dengan teriakan, ‘Mujur telah datang!’
Berkat Yakub di Kej 49:19 mengatakan, ‘Gad, ia akan diserang oleh gerombolan, tetapi ia akan menyerang tumit mereka.’ Takdir Gad itu menderita karena serangan musuh, tetapi pada akhirnya dia yang menang. Berkat Musa sejalan dengan berkat Yakub. Musa mengatakan bahwa Gad akan seperti seekor singa yang tinggal dengan tenteram dan yang akan mengalahkan siapapun yang menentang mereka. Musa juga mengatakan kalau Gad akan menyediakan pertama-tama bagiannya sendiri. Suku Gad dijamin kewarisannya oleh Musa sebelum Israel memasuki Tanah Perjanjian. Nubuatan Musa selanjutnya mengatakan bahwa setelah mereka menyediakan bagiannya, mereka akan bersama-sama dengan para pemimpin suku lain untuk melaksanakan keadilan TUHAN. Mereka pertama-tama akan membangun kota-kota dan menancapkan patok-patok bagi ternak-ternaknya sebelum Israel menyeberangi Yordan. Mereka kemudian pergi bersama-sama suku yang lain menyeberangi Yordan untuk berperang merebut Tanah Perjanjian. Yosua 4:12 mengatakan kalau suku-suku dari seberang Yordan yang akan memasuki negeri pertama kali, di depan pasukan Israel, sewaktu mereka memasuki Tanah Perjanjian.
Gad itu setia pada komitmennya dan berperang dengan suku-suku lain sampai Tanah Perjanjian ditaklukkan. Yosua kemudian membebaskan mereka dengan berkat untuk kembali ke kewarisan mereka.
1 Tawarikh 5:18 menggambarkan bani Ruben, Gad dan separo suku Manaseh sebagai laki-laki gagah perkasa yang terampil dalam berperang. Saat Daud di benteng, para pria Gad datang bergabung dengannya. Mereka digambarkan buas seperti singa dan lincah seperti kijang. Mereka adalah para pria yang terlatih untuk berperang. Yang lemah di antara pahlawan ini sama dengan 100 orang lain, dan yang perkasa sama dengan 1000 orang. Mereka menyeberangi sungai Yordan yang masih banjir untuk datang ke Daud; dan setelah mereka menyeberang, mereka membuat semua yang ada di jalannya melarikan diri.
Meskipun begitu, 1 Taw 5:26 menyingkapkan kalau suku-suku di seberang Yordan itu jatuh dalam penyembahan berhala; dan akibatnya, merekalah yang pertama kali masuk ke pembuangan.
Gad diberi kewarisan di samping Zebulun yang disebutkan di Yehezkiel di kerajaan yang akan datang (Yeh 48:27) dan ditaruh di gerbang barat Yerusalem Baru bersama Aser dan Naftali (Yeh 48:34).
Kita tidak menemukan banyak hal yang mengerikan mengenai Gad. Hal yang diingat ialah semua suku pernah dicerai-beraikan lebih dari satu kali. Setiap terjadi proses pencerai-beraian berarti ada suatu kutuk yang sedang bekerja secara aktif. Meskipun begitu, meskipun kuktuk-kutuk bekerja dan terjadi pencerai-beraian, TUHAN tetap bernubuat, ‘Saya akan mengumpulkan kembali.’

Bulan-7 Ibrani: TISHREI
RINGKASAN:
AV (30 hari – September/Oktober)
Waktu Yang Ditetapkan: Perayaan-perayaan Peniupan Serunia, Hari Pendamaian, dan Tabernakel
Alfabet: LAMED – yang menunjukkan aspirasi untuk kembali ke sumber mutlak kita – “Teshuvah”
Suku: Efraim – “berbuah dan multiplikasi”
Karakteristik:
Bulan ke-7 dan semua yang tujuh itu penting: “komplit, kepenuhan”
Bulan “Perayaan Musim Gugur” – Kembali kepada TUHAN dan mengalami Kemuliaan-Nya
Bulan untuk “menjamah” – Mat. 9 – Ingat akan perempuan yang datang mendekat masuk untuk menjamah Dia.
Bulan yang dikaitkan dengan ‘keterjagaan’ dan ‘penyingkiran’ segala hal yang membuat kita tidak bisa kembali kepada TUHAN.
Konstelasi: Libra (necara) – dimana perbuatan manusia akan ditimbang untuk diadili
Warna/Batu: Hitam/Hitam Onik atau Agate

Bulan Tishrei mengawali musim rontok . Musim rontok terdiri dari tiga bulan – Tisheri, Cheshvan, Kislev – berhubungan dengan tiga suku di perkemahan: Efraim, Manaseh, Benyamin – yang ditempatkan di sebelah barat Tabernakel.
Di Alkitab, Tishrei itu “bulan kekuatan” atau “bulan purbakala.” Dengan memperhatikan perhitungan tahun-tahun, Tishrei itu bulan ketujuh, bulan kepenuhan dan kesempurnaan.
Sebagai bulan ketujuh sejak bulan Nissan (bulan penebusan dan kemerdekaan Yahudi), Tishrei, lebih penting bila dibandingkan dengan bulan apapun di sepanjang tahun, suatu bulan TUHAN menetapkan waktu.
TUHAN ingin kita mengenal rencana penebusan-Nya yang ada di setiap bulan. Ini bukan ramalan. Sorga dan langit telah mendeklarasikan rencana penebusan TUHAN, dan kita butuh untuk berjalan menggenapkan rencana ini di alam nyata. Firman TUHAN ada dalam rangkaian yang mengelilingi bumi. Mazmur 19:7 menunjukkan hal ini. Langit menyatakan kemuliaan TUHAN dan Firman mengelilingi bumi (matahari itu membuat lintasan) sampai kita mulai menarik turun Firman dan melihatnya termanifestasi di tengah-tengah kita.
Tishrei itu bulan “perayaan musim gugur,” saat kita kembali kepada TUHAN dan mengalami kemuliaan-Nya.
Tishrei dikaitkan dengan konstelasi/perbintangan Libra (neraca), yang menggambarkan perbuatan manusia ditimbang dan diadili. Ini suatu bulan untuk lebih berkonsentrasi pada sistem pengadilan dibandingkan di bulan-bulan lain.
Bulan Tishrei itu bulan Efraim, anak kedua Yusuf. Efraim itu bukan anak sulung; Manaseh anak sulung. Sama seperti Yakub dan Esau. Ini bulan untuk berbuah dan multiplikasi.
Sebagai bulan ketujuh Tishrei itu bulan Hulu Tahun, Rosh Hashanah. Semua angka 7 itu sepertinya angka kesukaan Tuhan dan yang didedikasikan kepada Tuhan; bulan ini merupakan bulan yang paling disukai. Saat kita di berjalan di sepanjang tahun kita akan sampai di bulan ini, saat kita siap memasuki dua siklus perayaan yang ada dan siap juga untuk memasuki yang lainnya. TUHAN telah mendeklarasikan suatu waktu bagi kita untuk melakukan perayaan di Hulu Tahun yang akan memberikan pewahyuan di tahun-tahun mendatang. Penyediaan Ilahi menciptakan dimulainya sesuatu yang baru. TUHAN akan melepaskan pewahyuan khusus yang akan memulai awal baru kalian dengan cara baru.
Tishrei itu bulan pemantulan sinar. Ini berbeda dengan apa yang kita lihat di April saat kita menerima sinar matahari. Bulan ini merupakan sinar bulan, sinar pantulan matahari, yang akan mengubahkan lingkungan kita, cara kita memproses waktu, cara kita bekerja, cara padi-padian dan tanaman bertumbuh, dan cara kita menuai.
Ini bulan Lewiatan, yang menyatakan kerinduan kita untuk kembali ke sumber mutlak kita. Di Hulu Tahun kita perlu bertanya kepada Tuhan bagaimana kita harus sampai ke tempat-tempat dimana yang kita yakini kita memang sedang mengalir di apa yang TUHAN sedang kerjakan. Inilah alasan mengapa kita harus serius di Hulu Tahun ini.
Tishrei itu dikaitkan dengan huruf Ibrani Lamed - yang menggambarkan kerinduan untuk kembali ke sumber mutlak kita. Di sepanjang bulan ini, nyatakan kalau semua hal yang sudah tercerai-berai akan dikumpulkan kembali kepada kita.
Matius 9 menunjukkan kisah seorang perempuan yang terus mendesak maju menerobos kerumunan untuk “maju agar bisa menjamah DIA, Yesus!” Ini suatu bulan dimana kita bisa mendesak maju untuk benar-benar bisa melewati dan merasakan hadirat TUHAN. Kita bisa menyentuh Dia dengan suatu cara sehingga Dia akan melakukan tindakan nyata kepada kita.
Bulan ini yang dikaitkan dengan kebangkitkan dan kesadaran, termasuk kepahitan yang selama ini menghalangi kita untuk bisa kembali kepada Tuhan. Banyak orang yang tidak mau memproses kepahitannya dengan benar. Selama bulan Paskah, kalian makan sayur pahit untuk mengingat akan kepahitan masa lalu sehingga kalian bisa bergerak maju menerobos masa depan. Di Hulu Tahun, kalian perlu diyakinkan kalau kalian sudah dibersihkan dari semua kepahitan.
Tishrei itu bulan penguasaan yang seimbang. Saya, Chuck Pierce, suka mengajarkan Rosh Hashanah, Perayaan Peniupan Serunia/Terompet, karena bisa terjadi banyak hal. Semua aktivitas rohani di bulan ketujuh ini mengangumkan. Semua perkara akan digenapkan dan semua hal akan dimulai. 

MENGENAL SUKU EFRAIM
Efraim itu anak kedua Yusuf, tetapi Yakub memberikan berkat anak sulung kepadanya. Namanya berarti ‘buah ganda.’ Saatdia lahir, ayahnya, Yusuf, berkata, “TUHAN telah membuat saya berbuah, punya anak, di negeri kesengsaraanku.”
Di sepanjang masa saat di padang gurun dan sampai waktu pembagian Tanah Perjanjian ke suku-suku, Efraim dan Manasye selalu dikelompokkan dan hampir selalu diperlakukan sebagai satu suku. Mereka berkemah bersama, berjalan dalam barisan yang sama dan saat Musa memberkati suku-suku sebelum meninggal, dia menubuatkan mereka secara bersamaan.
Ketika mereka memasuki Tanah Perjanjian, kedua suku menerima kewarisan mereka, dimana setengah suku Manasye memilih tinggal di sebelah timur sungai Yordan bersama-sama suku Dan dan Ruben.
Beberapa pemimpin penting Israel berasal dari suku Efraim. Yosua dan Samuel keduanya dari suku Efraim, juga Yerobeam yang memimpin Israel memisahkan diri dari Yehuda setelah kematian Salomo. Yebooamlah yang membawa Israel melakukan penyembahan berhala dengan membuat dua anak lembu emas.
Kota Sikhem, salah satu kota yang berpengaruh di Israel, merupakan bagian kewarisan Efraim. Yakub membeli tanah itu sebagai warisan untuk Yusuf dan anak-anaknya. Tulang-belulang Yusuf dibawa kembali ke Israel dan dikuburkan di Sikhem, yang juga merupakan salah satu dari enam kota perlindungan di Isreal.
Kota berbukit Efraim merupakan salah satu tempat yang seringkali disebut di Perjanjian Lama. Yosua dan Eliazar, anak-anak Harun, keduanya dikuburkan di wilayah Efraim.
Lebih dari 20 ribu pahlawan Efraim bergabung dengan Daud di Hebron. Mereka digambarkan sebagai orang-orang perkasa yang gagah berani, yang terkenal di rumah ayah mereka. Banyak dari Efraim yang lari dari Israel ke Yehuda sewaktu Asa membawa bangsa kembali kepada TUHAN.
2 Tawarikh 28 dikaitkan dengan kisah bagaimana Israel menyerang Yehuda, dan Zikri, pahlawan perkasa Efraim, membunuh anak raja Yehuda. Israel kemudian menyerbu Yerusalem dan membawa banyak tawanan. Dalam perjalanan pulang ke Samaria, seorang nabi menegur mereka dan meminta agar tidak mengambil orang-orang itu sebagai tawanan. Para pemimpin Efraim memberi pakaian dan makan kepada para tawanan itu dan mengembalikan ke Yehuda.
Orang-orang dari Efraim menanggapi undangan Hizkia dan merayakan Paskah di Yerusalem. Di pemerintahan Yosia, firman mencatat kalau orang-orang Efraim menyumbang pada pemulihan Bait TUHAN.
Di Mazmur 60 dan 108 Tuhan menyebut Efraim sebagai pelindung kepala-Nya. Mazmur 78 menuliskan meskipun orang-orang Efraim itu dilatih sebagai pemanah, mereka lari di hari pertempuran. Akibatnya, Tuhan menolak suku Efraim dan memilih suku Yehuda sebagai penguasa.
Yesaya, Yeremia, dan Yehezkiel menggambarkan pertikaian antara Efraim dan Yehuda dan menubuatkan di suatu hari Tuhan akan memulihkan dan menyatukan kembali mereka sebagai satu bangsa.
Efraim disebutkan di hampir semua fasal kitab Hosea, yang menggambarkan Israel sebagai isteri yang tidak setia. Hosea menyebutkan penyembahan berhala, ketidak-setiaan, dan kesalahan Efraim dan menggambarkan dia sebagai merpati bodoh yang terbang dari tempat satu ke tempat lain untuk minta tolong, dan menggambarkan juga sebagai keledai liar yang senantiasa mau memuaskan nafsunya.
Zakharia 9 menggambarkan Tuhan memakai Yehuda seperti sebuah busur dan Efraim sebagai anak panah untuk menghadapi orang-orang Yunani. Petunjuk terakhir untuk Efraim di Perjanjian Lama ditemukan di Zakharia 10:7 yang menggambarkan Efraim sebagai orang perkasa yang bersukacita di dalam Tuhan. 


Bulan-8 Ibrani:  CHESHVAN
RINGKASAN:
CHESHVAN (29 atau 30 hari – Oktober/November)
Alfabet: NUN – melambangkan Mesias.
Suku: Manasye–melupakan, melompat, naik dan pergi.
Karakteristik:
Bulan Mesias: Angka ‘8’ menunjukkan pewahyuan kekal dan awal yang baru.
Air bah mulai di bulan Cheshvan, dan berakhir di tahun berikutnya pada bulan Chesvan. Di Cheshvan, Nuh membawa persembahannya kepada TUHAN dan TUHAN bersumpah untuk tidak lagi mendatangkan air bah.
Tuhan menyatakan lambang kovenan-Nya dengan dunia – pelangi.
Cheshvan bulan satu-satunya yang tidak punya hari libur. Orang Yahudi percaya kalau bulan ini ‘dikhususkan’ untuk Mesias, yang akan menginagurasi Bait TUHAN ketiga di bulan Cheshvan.
Bulan ini dikaitkan dengan aroma mur, biarkan indera penciuman kita hidup.
Ini waktu mencernakan apa saja yang pernah kita dengar.
Konstelasi: Kalajengking (scorpio) – menginjak ular dan kalajengking.
Warna/Batu: Hitam/Hitam Onik atau Agate.
Cheshvan merupakan bulan kedelapan dari duabelas bulan kalender Yahudi. Angka ‘8’ melambangkan pewahyuan kekal dan awal yang baru. Cheshvan dikaitkan dengan suku Manaye.
Cheshvan berkaitan dengan huruf Ibrani NUN, yang melambangkan Mesias. Oleh karena itu Cheshvan disebut bulan Mesias.
Bulan ini merupakan waktu untuk mengijinkan aroma TUHAN mulai merasuk hakekat jiwa kita. Banyak orang dengan cara pikir Yunaninya mengira kalau TUHAN hanya berurusan dengan masalah-masalah rohani saja, dan tidak menyinggung masalah tubuh, jiwa dan roh. TUHAN menguduskan roh kita, jiwa dan tubuh.
Orang Yahudi percaya jiwa akan merespon di bulan ini dengan cara-cara yang tidak biasa. Ini bulan untuk mencium keluarbiasaan TUHAN dan bulan saat aroma Roh Kudus mulai tercium sehingga gerakan ROH Kudus bisa dimulai.
Menjadi orang Kristen bukannya mengecualikan kita untuk tidak melewati saat-saat buruk. Meskipun begitu, saat kita mempersembahkan diri kita sebagai persembahan yang hidup kepada TUHAN, kita ditransformasikan oleh pembaharuan pikiran dalam Kristus. Jika kita ada dunia dan menjadi anak dunia, berarti anak Belial, semua yang bisa kita lakukan sama dengan gambaran dunia. Jika kita hidup dalam gambar Kristus dengan darah Yesus mengalir melalui kita dan membersihkan jiwa kita, maka kita tidak bisa lagi sama dengan dunia.
Sekarang saat untuk menggaktifkan kemampuan kita untuk ‘memisahkan’ dan ‘menyatukan.’ Mulailah bergerak dalam pewahyuan baru, maka kita akan bisa mencerna dan menyatukan hikmat dan kebenaran TUHAN.
Sekarang bulan dimana kita harus berperang dengan kata-kata kita. Kata-kata yang tidak diucapkan dengan benar akan masuk ke bagian dalam perut kita. Banyak masalah atau penyakit perut itu sebagai hasil karena menerima kata-kata yang salah. Kita harus meneriakkan dari bagian paling dalam kita, ‘Saya puas!’ dan dorong keluar segala yang tidak puas yang ada di dalam kita.
Air Bah mulai pada hari ke-17 Cheshvan dan berakhir di hari ke-27 bulan Cheshvan tahun berikutnya, mencakup waktu satu tahun 10 hari. Di esok harinya, hari ke-28 Cheshvan, Nuh membawa persembahannya kepada TUHAN, dan TUHAN bersumpah untuk tidak lagi menghancurkan umat manusia dengan air bah. TUHAN kemudian menyatakan tanda kovenan-Nya dengan dunia – pelangi.
Suatu air bah akan terus bergerak sampai TUHAN berurusan dengan akar apa pun yang Dia taruhkan jari-Nya. Ini bulan yang menghubungkan akar-akar kita. Cepat atau lambat kita harus berurusan dengan akar-akar permasalahan yang ada. Saya, Chuck Pierce, selama bulan ini selalu mengambil waktu pelepasan untuk berurusan dengan akar-akar permasalahan.
Konstelasi yang dikaitkan dengan bulan Cheshvan ialah Scorpio (kalajengking). Kalajengkig dan ular itu lambang bulan ini. Kita perlu memahami akan ular di taman Eden. Tetapi TUHAN sudah memberi kita otoritas untuk menginjak ular dan kalajengking, sehingga ini merupakan bulan kunci untuk berdiri di atas otoritas kita.
Cheshvan itu bulan yang dikhususkan untuk pengurapan dimana TUHAN menarik kita untuk mengeluarkan pengurapan yang ada dari kita. Ini bisa menjadi bulan yang mudah atau yang berat karena Dia harus menekan pengurapan agar keluar dari kita. Beteriaklah agar pengurapan bisa ditekan dan diperas keluar dari kita.
Setan ingin menghajar kita tetapi sekarang waktu bagi kita untuk mulai mengangkat tumit dan menginjakkan ke rencana musuh yang bermaksud mau membuat kita seperti gambarnya. Sebaliknya, sambil kita berurusan dengan pencobaan-pencobaan dan kesulitan-kesulitan memakai pengurapan kita, kita akan diubahkan menjadi gambaran Kristus.
Seharusnya di bulan ini pewahyuan kita akan begitu melimpah sehingga menjadikan kita bisa mengalir dalan dimensi supraalami yang lebih lagi. Jika kita terus bergerak dalam pewahyuan dan pengurapan, kita akan lebih banyak menghajar Setan. Jadi, mulai angkat tumit dan injakkan ke leher musuh kita. Lihat sekaran ke ke kaki kita dan katakan, ‘Saya menyiapkan tumit saya untuk melangkah dan menginjak ular dan kalajengking.’³

MENGENAL SUKU EFRAIM
Manasye itu anak sulung Yusuf dengan Asnat, anak Potifera, imam di On. Manasye berarti ‘melupakan; melompat dan menyingkir.’ Saat dia lahir, Yusuf berkata, ‘Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku.’ Karena mentaati TUHAN, meskipun Efraim lahir setelah Manasye, Efraim menerima berkat sebagai anak sulung.
Salah satu keturunan Manasye meninggal di padang gurun tanpa memiliki anak laki-laki. Anak-anak gadisnya minta keadilan kepada Musa dan mereka diberi jaminan akan diberi warisan di Tanah Perjanjian. Ini menjadi peraturan bagi orang Israel kalau ada suatu keluarga yang hanya punya keturunan wanita saja, keturunan itu akan menerima juga kewarisannya, dan yang tidak akan dimabil dari mereka.
Separo suku Manasye memilih untuk tetap tinggal di sebelah timur sungai Yordan bersama suku Ruben dan Gad. Mereka ikut berperang dengan suku-suku lain untuk menaklukkan tanah perjanjian dan kemudian diberkati oleh Yosua untuk kembali ke daerahnya sendiri, tetapi mereka tidak mengusir orang Kanaan keluar.
Gideon itu dari suku Mansye dan orang-orang Manasye berperang bersamanya melawan Midian. Laki-laki suku Manasye yang ada di sebelah barat Yordan juga berperang bersama Daud saat ada di Ziklag, sebelum dia diurapi menjadi raja di Hebron. Sementara 18.000 yang dipilih berdasarkan nama-namanya mewakili sukunya datang kepada Daud di Hebron untuk menjadikan dia raja. Laki-laki dari suku yang ada disebelah timur Yordan juga datang ke Hebron saat penobatan Daud.
Manasye juga termasuk mereka yang ditolak dari Israel dan bergabung dengan kebangkitan Asa, dan mereka datang saat perayaan Paskah Hizkia. Mereka juga berpartisipasi dalam membantu menyingkirkan berhala-berhalaa dan tempat-tempat pemujaan setelah Paskah. Mereka memberi sumbangan pada saat perbaikan bait di bawah Yosia.
Suku yang tinggal di sebelah timur Yordan dibawa ke pembuangan Siria bersama suku Ruben dan Gad sebelum Jehuda dan Israel jatuh.  ³

Bulan ke-9: KISLEV
Ringkasan:
KISLEV (30 atau 29 hari – Nov/Des)
Perayaan: Awal Chanukah/Hanukah
Alfabet: SAMEKH – (mempercayakan diri, mendukung, menjadi lingkaran penuh).
Suku: Benyamin, suku yang paling berkarunia dengan seni dan busurnya; anak satu-satunya yang lahir di Tanah Perjanjian, oleh karena itu cermati Israel di bulan ini.
Karakteristik:
Bulan untuk mengembangkan strategi peperangan: untuk memiliki pewahyuan profetis dalam peperangan.
Bulan untuk memasuki level baru mempercayakan-diri dan istirahat.
Bulan untuk mendeklarasikan pengalaman hidupmu agar dipenuhi dengan ketenangan dan kedamaian – minta agar sungai-sungai kehidupan mengalir.
Konstelasi: Sagitarius (pemanah) – waktu untuk memerangi kekaisaran dan budaya-budaya.
Warna/Batu: Beraneka warna (seperti warna pelangi)/Opal atau Yasper Pelangi.

Kislev itu bulan kesembilan dari duabelas bulan kalender Yahudi.
Kislev dikaitkan dengan huruf Ibrani SAMEKH, yang menggambarkan mempercayakan-diri, menopang / mendukung, dan menjadi penuhnya lingkaran. Kita harus menjadi lingkaran yang penuh dalam mengembangkan pemercayaan-diri kita dan rasa percaya kita. Dengan memperhatikan hati dan motivasi-motivasi kita selama Kislev di setiap tahunnya, kita akan bisa mematahkan dan keluar dari pola-pola lama karena tidak-bisanya kita mempercayakan-diri, dan ini yang akan menghambat kemampuan kita untuk bisa berjalan bersama Tuhan dan sesama yang ada dalam lingkar pengaruh kita.
Nama Kislev diturunkan dari kata Ibrani yang berarti "keamanan" dan "mempercayakan-diri." Ini merupakan bulan memasuki level baru untuk mempercayakan-diri dan istirahat.
Kislev dikaitkan dengan suku Benyamin, suku yang paling berkarunia dengan seni memainkan busur. Sewaktu kalian mengembangkan strategi-strategi peperangan kalian di bulan ini, kalian bisa menampung secara profetis untuk menambah pewahyuan berkenaan dengan musim peperangan di waktu yang akan datang. Ini berkaitan dengan Awal Tahun sehingga kalian bisa memulai tahun dengan benar.
Benyamin juga anak satu-satunya yang lahir di tanah perjanjian sehingga ini merupakan bulan untuk mencermati Israel. Akan terjadi hal-hal dalam bulan ini yang akan mengubah jalan / sejarah Israel.
Kislev dihubungkan dengan konstelasi Sagitarius (pemanah). Bulan ini adalah bulan untuk memerangi kekaisaran-kekaisaran dan budaya-budaya. Ini merupakan bulan untuk membidik langsung dan bergerak dengan cepat. Pikirkan tentang seorang pemanah. Potong kerugian-kerugianmu dan bergerak maju.
Saya, Chuck Pierce, percaya, jika kita berpartisipasi secara kovenan dengan liburan Thanksgiving yang ada di Amerika Serikat, kita akan akan sampai ke tempat baru peristirahatan. TUHAN memberi kita budaya hari libur untuk membantu kita memasuki hari-hari libur kovenan kita. Dengan merayakan Thankgsgiving artinya kita menyediakan waktu khusus untuk memberi ucapan syukur kita, dan kita bisa berkumpul kembali.
Lihat-ulang sistem dukungan kita selama Kislev; termasuk siapa yang menopang kalian dan siapa yang kalian topang. Renungkan siapa sahabat-sahabat kalian dan asosiasi-asosiasi kalian dan mengapa kita terhubung dengan mereka.
Bulan lalu adalah bulan air-bah sehingga sekarang ini merupakan bulan pelangi. Cermati apa yang telah kalian perangi untuk bisa melewati tahun yang telah lewat, agar bisa datang ke tempat kedamaian. TUHAN membuat kovenan dengan kita sehingga kita tidak harus berperang dengan hal-hal yang demikian lagi. Ini yang dilambangkan dengan pelangi. TUHAN berbicara, "Kalian sudah melewati banjir dan itu tidak akan menangkap kalian lagi. Sekarang Saya akan membuat sebuah kovenan dengan kalian agar kalian tidak berperang dengan perkara itu kembali." (Kejadian 9:13-17). Ada hal-hal tertentu di setiap tahun yang kalian perlu beri tanda rohani dan berkata, "Saya tidak akan melewati itu lagi."
Di bulan kesentosaan dan kedamaian ini, bahkan di tengah-tengah peperangan, kalian akan punya kedamaian. Banyak orang tidak mengerti aspek peperangan ini. Ini sederhanya adalah bahwa, di tengah-tengah peperangan, kalian bisa menyerang dalam kedamaian, walaupun ada di tengah-tengah konflik. Tetapi saat kita terjerat dan keluar dari tempat melekat kita dengan Tuhan, di saat itulah kita menghadapi masalah.
Ini adalah bulan impian dan penglihatan malam. Melewati tahun lalu Tuhan telah mencurahkan beberapa hal kepada kalian, yang semuanya akan dengan tiba-tiba Dia tarik keluar melalui mimpi-mimpi kalian. Kadang-kadang itulah cara satu-satunya yang Dia bisa lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan kalian. Kalian terlalu ditekan-tekan sampai tertidur. Di saat itulah Dia bisa mulai mengaduk pewahyuan bagi kalian. Ini juga bulan untuk melihat-ulang pola tidur kalian sehingga kalian bisa lebih sehat di tahun-tahuan mendatang.
Salah satu masalah besar saya muncul karena adanya trauma saat masa pertumbuhan. Pola tidur saya kacau. Hampir semua orang yang punya trauma punya pola tidur yang tidak-teratur. Ingatan-ingatan trauma datang di malam hari dan membuat saya tetap terjaga. Saya harus melewati suatu proses untuk membiarkan TUHAN menyembuhkan saya sehingga bisa tidur. Di saat yang bersamaan, Dia sedang membersihkan trauma saya.
Saya ikut perjalanan doa ke Vietnam dan saat saya kembali saya bermimpi tentang suatu situasi. Beberapa mimpi terulang seperti kejadiannya. Tuhan akan memainkan-ulang ingatan-ingatanmu sehingga Dia bisa menyembuhkanmu. Jadi, Dia memainkan-ulang ingatan trauma dalam hidup saya, yang saya tidak lupakan dan yang hampir tidak mampu lagi mengatasinya. Saya terbangun dengan bermandi peluh dan harus mengatasi trauma itu. Pam terbangun dan mendoakan saya. Dia berkata, "Tidak bisakah kamu sembuh sehingga saya bisa tidur tenang di malam hari? Traumamu itu menganggu pola tidur saya."
Kita harus berurusan dengan apa yang TUHAN bawa kepada kita di malam hari. Tanya kepada-Nya jika ada sesuatu yang lain dan terus bergerak maju dan mengatasi apa yang Dia tunjukkan kepada kalian sementara kalian terbangun dari tidur. Itulah alasannya mengapa Dia harus membangunkanmu di tengah malam.
Bulan ini adalah waktu untuk membiarkan sungai TUHAN mengalir dari bagian terdalam kalian. Akan ada hubungan yang besar antara kesentosaan dan kepenuhan. Jika kita tidak meenghubungkan apa yang ada di dalam kita dengan benar, kita tidak dapat memasuki kepenuhan. Saat sungai kalian mulai mengalir, kalian bisa memasuki kedalaman yang berikutnya. Itulah seluruh prinsip Yehezkiel 47. Kedalaman air mulai mencapai matakaki, kemudian selutut, kemudian sepinggang dan kemudian menenggelamkan kepala. Itulah proses pewahyuan di tahun ini. Pewahyuan di buku ini sebagai air yang dalam. Kalian harus melewati proses di setiap level pewahyuan dengan cara berenang dan berurusan dengan trauma-trauma dan permasalahan lama di setiap levelnya, sebelum bisa bergerak ke level yang berikutnya.
Kislev itu bulan dimulainya Hanukkah. Hanukkah itu satu-satunya liburan di kalender Yahudi, yang menghubungkan dua bulan, diawali di bulan Kislev dan diselesaikan di bulan Tevet.
Pesan Hanukkah ialah di tengah-tengah penghancuran ada kemurahan. Masalah Hanukkah ialah terang tidak akan dipadamkan. Di tengah-tengah setiap kehancuran TUHAN akan menemukan jalan untuk mengimpartasian kemurahan kepada kalian. Tidak peduli aspek kehancuran yang kalian sedang urusi – eksternal, internal, fisik atau spiritual – TUHAN punya jalan mengimpartasikan kemurahan untuk membangun masa depan. Anugerah-Nya cukup dan kasih-Nya itu kekal. 


Bulan ke-10: TEVET
Ringkasan:
TEVET (29 hari – Des/Jan)
Alfabet: AYIN – (mata, musim semi) – biarkan mata kalian yang baik melihat. Perangi mata jahat dan patahkan kuasa-kuasa jahat yang mengamat-amatimu.
Suku: Dan – untuk menghakimi, bertumbuh dan dewasa.
Karakteristik
Bulan yang mengakhiri Hanukah: di tengah-tengah penghancuran ada kemurahan. 
Bulan kemarahan kudus atau kejengkelan karena kebenaran; marahlah tetapi jangan berdosa. 
Bulan ini waktu untuk mendoakan Panglima Tertinggi kita. Lihat-ulang pengajaran kita untuk bisa memulai tahapan kehidupan di masa depan. 
Bulan ini waktu yang baik untuk berpuasa memurnikan darah sehingga otak dan hati kita bisa berfungsi dengan benar.
Konstelasi: Kaprikorn (kambing) – waspadai akan aliansi / persekutuan / penyelarasan yang salah.
Warna/Batu: Biru Gelap dan Turquise/Safir atau Torquoise

Tevet itu bulan kesepuluh dari duabelas bulan kalender Yahudi. Doakan Panglima Tertinggi kita agar menegakkan otoritas Ilahi. Musuh punya strategi luarbiasa di bulan ini untuk menyingkirkan para pemimpin. Jika kalian tidak menyadari hal ini, kalian tidak akan bisa berdoa dengan tepat untuk para pemimpin yang telah TUHAN berikan kepada kalian. Musuh tahu saat kalian punya pemimpin yang baik yang bisa memberi pewahyuan yang benar kepada kalian untuk bergerak maju. Salah satu cara yang akan musuh lakukan agar bisa menjamahmu ialah melalui para pemimpinmu, itulah sebabnya mengapa Tuhan mengatakan agar kita berdoa bagi mereka.
Tevet itu juga angka kesaksian. Sepuluh perintah TUHAN ada di Tabut Perjanjian.
Bulan Tevet memulai musim semi, yang terdiri dari tiga bulan – Tevet, Shevat, Adar – yang berhubungan dengan tiga suku yang ada di perkemahan – Dan, Asher, dan Naftali – yang ditempatkan di sisi utara Tabernakel Musa.
Tevet dikaitkan dengan huruf Ibrani AYIN, yang melambangkan mata. Ini bulan agar mata kalian bisa melihat dengan baik. Bisa berfokus itu sangat penting sewaktu kalian melawan mata kejahatan dan mematahkan kekuatan kuasa-kuasa kejahatan yang memata-mataimu.
Jika kalian tidak mematahkan kuasa mata jahat di bulan ini, kuasa ini akan mencoba membawamu memasuki masa depanmu. Kita harus memahami struktur mata jahat ini, yang ditanam di budaya kita dan membuat para malaikat kegelapan dan struktur kejahatan memanipulasi kita. Saya, Chuck Pierce, selalu bisa merasa saat kami berkumpul bersama di saat ini untuk mulai meninggalkan tahun ini dengan benar, kita berpartisipasi dengan kunjungan malaikat untuk menuntun kita memasuki budaya dengan pewahyuan sehingga kita bisa memperoleh sesuatu yang Ilahi untuk masuk dan mendesak di tahun yang akan datang.
AYIN juga menggambarkan sebuah sumber atau sumur. Bulan ini adalah waktunya kehidupan baru mengalir dari hidup kita.
Tevet dikaitkan dengan konstelasi Kaprikorn, yang gambaran seekor kambing. Sekarang ini waktu yang berbahaya karena kalian akan melihat bangsa-bangsa yang tidak dalam kovenan, bangsa-bangsa kambing, akan mulai memilih jalan salah. Ini merupakan bulan untuk melakukan lompatan, dan bulan untuk melihat-ulang pendidikan / pengajaran kita agar bisa mengawali masuk ke tahapan hidup yang berikutnya.
Suku yang dikaitkan dengan Tevet adalah suku Dan. Ini merupakan bulan untuk menghakimi, bertumbuh dan dewasa. Suku Dan itu anak laki-laki kelima Yakub dan anak laki-laki pertama Rakhel melalui budaknya, Bilka. Nama Dan artinya "untuk memerintah, untuk menghakimi atau melaksanakan penghakiman."
Di buln ini berdoa agar diberi ekspresi artistik dan kreatif dalam penyembahan, dan tanya TUHAN bagaimana membangun barisan belakang untuk musim yang telah lewat.
Perhatikan kata-kata nubuatan atas hidup kalian sehingga kalian tidak kehilangan destinymu.
Bersedialah berperang saat TUHAN meminta, dan berdiri untuk mempertahankan kewarisan kalian, dan jangan mundur.
Injak kepala ular di bulan ini.
Tevet itu bulan kemarahan kudus dan kejengkelan yang benar. Akan mulai menampakkan diri hal-hal yang menyimpang dari tatanan. Kita boleh marah tetapi jangan berdosa. Emosi itu punya garis batas yang tipis. Jika kalian melewati batas itu, jiwa kalian akan rusak: dan janji kalian tidak akan termanifestasi. Di Efesus 4:26-27 disebutkan kalau marah akan "memberi tempat atau kesempatan kepada iblis." Itu sama dengan kesurupan. Ini dituliskan untuk orang Kristen. Jika kalian tidak menyediakan waktu untuk mengetahui dan yakin emosi kalian ada di bawah kuasa Roh RUHAN, emosi itu akan meledak seperti letusan gunung api. Jika hal itu terjadi akan terjadi kerusakan. Kalian butuh melatih disiplin spiritual di sepanjang tahun ini. Jika tidak, saat kalian diuji, kalian akan meledak. Ini sangat praktis. TUHAN telah menetapkan waktu bagi kalian untuk melakukan ini.
Isteri saya, Pam, melewati sepuluh tahun baru bisa makan Firman TUHAN. Pam mencurahkan Firman kepada dirinya dan mengembangkan Firman di dalam dirinya. Selama waktu itu, dia terlepas dari marah dan membangun-ulang rohnya. Kemudian dia menghabiskan waktu sepuluh tahun untuk punya anak. Dia tidak dapat merayakan Firman dengan cara yang sama, tetapi dia telah membangun fondasi dan mencapai hal-hal tertentu dalam Roh yang bisa membawa dia melewati waktu-waktu sibuknya.
Kita seringkali tidak memanfaatkan kesempatan untuk masuk ke Firman. Jika ada waktu-waktu luang, curahkan Firman TUHAN ke diri kalian sampai kalian mendapatkannya. Akan tiba waktunya kalian akan bertindak dengan cara yang berbeda tanpa ada waktu lagi untuk mencarinya di Firman.
Bulan ini adalah waktu untuk melompat seperti seekor kambing. Kesaksian kalian akan menunjukkan ke-tidak-dewasaan atau kedewasaan kalian. Akan tiba waktunya di setiap tahun kalian akan membagikan kesaksian kalian. Apa kalian sudah dibebaskan? Apa hal-hal yang membuat kalian marah tahun lalu masih tetap membuat kalian marah di tahun ini? Apa kalian gampang tersinggung di tahun sekarang seperti di tahun yang lalu?
Tevet itu bulan untuk meyakinkan diri bahwa darah kalian dibersihkan dan dimurnikan. Kotoran-kotoran di darah bisa dikaitkan dengan kehidupan seksual kita. Jika kita melanggar Buahsulung seksual kita, darah harus dimurnikan, sehingga otak dan hati juga akan berfungsi dengan benar. Itulah sebabnya mengapa Mazmur 7 mengatakan kalau digoda oleh pelacur itu seperti menikamkan tombak di hatimu, dan mengapa homoseks itu akan mempengaruhi livermu. Dosa seks akan memberi dampak kerja fisik tubuh kalian.
Tevet tiba di waktu-waktu liburan. Oleh karena itu merupakan waktu yang baik untuk berpuasa, karena biasanya kita makan banyak makan yang enak-enak di musim liburan. Berpuasa selama tiga hari di waktu-waktu tertentu akan membangun diri kita dan membersihkan darah kita. Bulan ini memberi cerminan kalau kita melihat awal tahun kalender Romawi dan yang merupakan perempat terakhir tahun kalender Ibrani. 


Bulan ke-11: SHEVAT
Ringkasan:
TEVET (30 hari – Jan/Feb)
Alfabet: TZADIK – melambangkan 'kebenaran'.
Suku: Asher – kesenangan, kebahagiaan, lezat, kegemukan; awas-awas akan kelezatan raja.
Karakteristik:
Bulan dimana kebenaran yang akan menjadi fondasi.
Bulan untuk mengembangkan rencana mempertahankan generasi-generasi. Bagaimana pohon zaitun kalian mekar?
Cari mereka-mereka yang membawa bejana-bejana air bagi kalian.
Bulan ini teriakkan, "Berkat-berkat saya ada dalam perjalanan!"
Bulan dimana apa yang kalian sedang rasakan dan renungkan akan memberi kehidupan atau makanan untuk masa depan kalian.
Konstelasi: Akuarius (pembawa bejana air) – akar-akar kalian akan dibangunkan untuk memperoleh air kehidupan.
Warna/Batu: Hijau Jeruk Muda dan Kuning/Jeruk Quarts atau Peridot.

Shevat itu bulan kesebelas dari duabelas bulan kalender Yahudi. Bulan ini dikaitkan dengan suku Asher, yang lambang kesenangan, kebahagiaan, lezat, kegemukan. Selama bulan ini kalian harus berawas-awas akan kelezatan atau kenikmatan raja. Saya selalu mencoba membaca Kitab Daniel di bulan ini. Kalian mungkin mau melakukan puasa Daniel di bulan ini.
Bulan ini waktu untuk mengembangkan rencana mempertahankan generasi-generasi. Biasanya di waktu ini, di setiap tahunnya, Pam dan saya mengumpulkan anak-anak kami. Saya mencoba mngumpulkan kembali mereka yang sedang bekerja dengan saya, dengan generasi muda kami, dan dengan mereka yang terhubung dengan kami.
Pertanyaan terbaik untuk ditanyakan kepada diri-sendiri di bulan ini ialah: "Bagaimana agar pohon zaitun kita mekar?" Baca dan renungkan Mazmur 1 di bulan ini.
Huruf Ibrani untuk bulan ini ialah TZADIK, yang melambangkan "kebenaran". Bulan ini kebenaran kalian harus menjadi fondasi. Yehova Tzidkenu ekspresi tunggal di bulan ini.
Ini waktu untuk terhubung dengan pohon-pohon di ladang kalian. Perhatikan ladang kalian dan lihat apa yang ditanam di sana. Siapa saja yang menanam di ladang kalian? Apa pohon-pohon di ladang kalian siap berbuah? Sesungguhnya Shevat disebut bulan tahun baru pepohonan.
Aquarius, si pembawa bejana air, adalah konstelasi bulan ini. Ini bulan dimana sungai menyentuh akar-akar, dan akar-akar akan dibangunkan untuk menghisap air kehidupan. Pikirkan tentang Ribka dan wanita yang ada di tepi sumur. Siapa yang sedang membawa air kepada kalian? Pertimbangkan dengan seksama bagaimana kalian akan mengambil keputusan di bulan ini jika kalian tidak sedang diairi. Kalian mungkin juga ingin memposisikan diri agar bisa diairi dengan cara yang baru.
Shevat adalah bulan untuk berteriak, "Berkat-berkat saya mendatangi!" Ini kunci bulan ini. Ada teriakan dalam diri kalian yang berseru agar kalian melihat gerobak-gerobak penyediaan yang sedang mendatangi. Kalian melihat jambangan-jambangan air mendatangi kalian untuk memuaskan rasa haus.
Ini bulan baik untuk ambil makanan. Saat kalian menyelesaikan puasa kalian, TUHAN akan menunjukkan bagaimana cara makan dengan cara berbeda. Jika kalian melewati proses puasa di Januari, kalian memprogram-ulang tubuh kalian bagaimana cara makan di bulan Februari. Jika kalian kacau di bulan Januari, kalian kemungkinan akan tetap kacau untuk sementara. Apa yang kalian cicipi dan makan akan memberikan hidup untuk masa depan kalian. Itu sebabnya mengapa kita perlu yakin untuk makan Firman, sehingga tubuh kita disembuhkan dan terselaras dengan benar. Setelah itu baru kita akan mampu mencerna apa pun yang TUHAN berikan kepada kita untuk kita makan di bulan-bulan mendatang.

Bulan ke-12: ADAR
Ringkasan:
ADAR (29 atau 30 hari – Feb/Mar)
Waktu Yang Ditetapkan: Perayaan Ester di hari ke-13; Purim di hari ke-14.
Alfabet: KUF – penyingkiran topeng penyamaran, memasuki sukacita.
Suku: Naftali – "kemanisan bagi saya;" sewaktu merayakan kutuk kalian dipatahkan.
Karakteristik:
Bulan dimana identitas sejati kalian akan direfleksikan, baik secara spiritual maupun fisik.
Bulan untuk menggulingkan rasa cemas akan penyediaan.
Bulan dimana kalian akan mengembangkan strategi peperangan. Jangan biarkan raksasa-raksasa membuat kalian takut, dan jaga diri terhadap pemberhalaan.
Waktu dipatahkannya hal-hal yang menentang kalian.
Bulan dimana melalui iman akan mematahkan akar depresi dan putus-asa.
Konstelasi: Pisces (ikan) – menemukan penyediaan dari dunia yang tidak tampak.
Warna/Batu: Purple/Amethyst.
ADAR II: Di tahun-tahun kabisat akan disisipkan "bulan kabisat" ADAR II di kalender Ibrani! (29 hari – Mar/Apr). Waktu untuk membatalkan sama sekali "Haman" yang ada di hidup kalian (Est. 9) dan waktu untuk perayaan di pengasingan sehingga kalian bisa memasuki penebusan kalian.

Adar adalah bulan keduabelas kalender Yahudi. Kata Adar berarti "kekuatan." Ini bulan keberuntungan bagi orang Yahudi, dan bulan sukacita.
Sukacita ADAR itulah yang menjadikan bulan ini sebagai bulan yang "mengandung" di tahun ini. Tujuh dari sembilanbelas tahun di siklus kalender Yahudi adalah "tahun-tahuan kabisat," yang merupakan "kandungan" tambahan bulan Adar. Jika ada dua bulan Adar dalam satu tahun kalender, Purim dirayakan di Adar kedua, dalam rangka menghubungkan antara penebusan Purim dengan penebusan Paskah.
Adar adalah bulan Naftali, yang berarti "kemanisan bagi saya." Ini waktu perayaan sehingga setiap kutuk dibalikkan dan segalanya menjadi manis. Adar merupakan bulan baik, tetapi juga merupakan bulan yang berbahaya.
Bulan kefasihan dalam berkomunikasi ini juga waktu untuk memasuki perayaan yang mengakhiri musim-musim tertentu di hidup kalian. Banyak dari kita yang tidak pernah merayakan berakhirnya sesuatu.
Konstelasi bintang bulan ini adalah Pisces, bulan ikan-ikan. Kalian akan menemukan penyediaan dalam dunia yang tersembunyi. Ini adalah bulan dimana Yesus meminta Petrus untuk memancing ikan yang di multnya ada uang untuk membayar pajak mereka.
Ada suatu identitas bagi kalian, yang dihubungkan dengan dunia yang tidak kelihatan, bukan yang alami. Beberapa dari kita tidak pernah membuka dan memasuki identitas kita secara supraalami. Kita hanya tinggal di yang alami saja. Jangan mau hidup seperti ungkapan banyak orang, "Saya hanya ingin yang praktis." Kalau kalian hidup dengan cara demikian berarti kalian menghendaki diterima dan dibentuk dengan standar dunia. Temukan iidentitas kalian di alam roh, dan lihat bagaimana Tuhan membentuk kalian dalam Roh. Kenali dan aktifkan karunia-karunia kalian. Jangan mencoba untuk menjadi sesuatu yang sebenarnya kalian tidak dijadikan untuk itu. TUHAN telah memberi kita suatu identitas dalam alam roh. Roh jahat tahu identitas yang telah dituliskan bagi kita. Jadi, sekaranglah waktu untuk menjadi siapa kita sesungguhnya dalam Roh.
Identitas sejati kalian harus mulai direfleksikan dengan mengakhiri prosesnya. Tetapi jangan menjadi legalitas, tetapi kalian harus mengerti kalau TUHAN punya siklus-siklus di alam nyata untuk mengeluarkan identitas kalian. Apa yang ada dalam roh kalian akan direfleksikan secara fisik.
Huruf Ibrani yang dikaitkan dengan Adar adalah KUF. Ini merupakan bulan untuk menyingkirkan topeng-penyamaran sehingga kalian bisa memasuki hidup yang bergelak-tawa. Dengan kata lain, singkirkan setiap topeng tempat kalian bersembunyi agar kalian bisa masuk ke sukacita sejati tentang siapa kalian sesungguhnya. Topeng itu selalu menghentikan sukacita.
Di bulan ini buang kecemasan. Saya dahulu cenderung cemas sehingga tumbuh rasa kuatir. Memang saya punya alasan yang kuat untuk cemas, tetapi itu tidak berarti saya tidak boleh membuang kecenderungan itu. Saya harus belajar proses untuk menang dari TUHAN. Sewaktu saya terus mencari Dia di sepanjang tahun, ada selaput-selaput yang disingkirkan, sampai lingkaran saya penuh dengan Dia. Setelah itu saya tidak lagi hidup dalam kecemasan.
Kunci lain untuk membuang kecemasan ialah dengan melepaskan penyediaan. Jika kalian menyingkirkan aspek-aspek bandel dalam hidup kalian, kalian bisa melihat aliran-aliran penyediaan baru.
Karakteristik bulan ini ialah sensasi gelak-tawa, sukacita yang berlimpah-limpah, dan terang akan menyerbu kegelapan. Apa pun kegelapan yang ada di sekitarmu, tertawalah dan lihat bagaimana TUHAN menembus atmosfir gelap itu. Terang bisa menembus kegelapan dan kemandulan bisa didobrak. Ini bulan dimana rasa takut diganti dengan tertawa. TUHAN memerintahkan agar rasa takut saya menjadi tertawa.
Adar itu bulan untuk mencabut depresi dan putus-asa sehingga iman bisa menembus proses pikir kalian. Sedikit banyak kita semua punya akar-akar depresi dan putus-asa, tetapi kita bisa mengatasinya dengan sukacita dan kegembiraan. Tanggalkan jubah yang membebani, dan kenakan jubah pujian kalian.
Sesuatu yang kritis di bulan ini ialah mengembangkan strategi peperangan melawan roh Antikris. Jika kalian mempelajari dalam Firman, kalian akan menemukan konsep bangkitnya Amalek. Jika kalian tidak hati-hati, raksasa-raksasa akan memunculkan rasa takut dan akan menghentikan gerak maju kalian. Musuh ingin kalian mengakhiri tahun ini dengan adanya rasa takut yang muncul dalam diri kalian, yang akan membuat kalian tidak bisa bergerak memasuki kepenuhan di musim yang berikut. Lindungi juga diri kalian terhadap pemberhalaan.
Adar ialah waktu dipatahkannya setiap pernyataan yang tujukan kepada kalian. Pernyataan-pernyataan roh yang salah akan mencoba membungkus atmosfir kalian. Pernyataan-pernyataan tidak benar yang telah dan sedang diucapkan kepada kalian akan berputar-putar di hidup kalian sehingga mereka yang mengasihi kalian pun akan ikut mengeluarkan kata-kata yang melukai, atau kata-kata negatif, kepada kalian. Atmosfir akan dipenuhi dengan suara-suara itu, dan kalian sendiri akan ikut-ikutan mengulang-ulang kata-kata itu terhadap diri sendiri. Kalian harus mengambil otoritas atas pernyataan-pernyataan salah ini dan ucapkan firman TUHAN dan rencana-Nya atas hidup kalian.
Ini waktu bagi para pemimpin untuk bangun. TUHAN menetapkan waktu dan musim, tetapi Setan mencoba mengubahnya. Ini merupakan salah-satu alat musuh paling efektif untuk membuat kita keluar dari waktu yang tepat. Itu sebabnya mengapa Tuhan ingin kita memahami suku-suku dan bulan-bulan Ibrani sehingga bisa mengenali siklus-iklus TUHAN di dunia ini. Tuhan punya benih-waktu dan penuaian dan aliran pewahyuan yang membawa kita bergerak untuk menggenapkan pemenuhan rencana-Nya. Jika kita ada di waktu TUHAN yang benar, kita tidak akan jatuh menjadi mangsa taktik musuh yang akan menginterupsi. Kita akan tetap selaras dengan TUHAN dan tetap bergerak memasuki berkat yang berikutnya. Inilah cara kita harus mengakhiri tahun ini. Persiapkan diri untuk bergerak memasuki dimensi berkat yang berikutnya. Waktu kita itu ada di tangan-Nya, dan kita akan bergerak secara supraalami. Kita akan bergerak menerobos keadaan kita yang sekarang untuk memasuki berkat seutuhnya.
Disadur bebas oleh Iskak Hutomo dari A Time to Advance oleh Chuck Pierce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar