Jumat, 04 Maret 2011

Refleksi Kepemimpinan

Temukan MAP Hidup Kalian----REFLEKSI KPEMIMPINAN--Home
Arthur F. Miller Jr., pendiri People Management International, setelah bertahun-tahun mengadakan riset menemukan bahwa hampir semua orang itu memiliki 5-7 karunia motivasi yang bekerja secara sistimatis dalam hidupnya. Untuk menggambarkan hal ini dia memakai singkatan MAP, yang berarti “Motivated Abilities Pattern / Pola Kemampuan Termotivasi” kita. MAP ini jauh lebih menyeluruh dan lebih cermat dibandingkan dengan profile kepribadian Myers-Briggs atau DISC, yang lebih hanya berurusan dengan tanggapan-tanggapan terkondisi /diatur (behaviorism) dalam dalam meresponi suatu situasi tertentu, bukannya membantu menemukan karunia-karunia atau bakat-bakat primer yang bisa memotivasi dan mengarahkan tujuan kita untuk kehidupan.
Hasil penelitian Miller menemukan pola keberbakatan kita itu memiliki lima dimensi: (diambil dari buku Miller, Why You Can't Be Anything You Want to Be)
1. Kemampuan: Kompetensi alamiah seseorang yang dipakai untuk mewujudkan hasil yang diinginkan. Misalnya: belajar, bereksperimen, menganalisa, mempengarui orang, membuat/menyurun strategi, dan mengajar.
2. Thema/Permasalahan: Hal-hal di bidang permasalahan dimana seseorang secara alami ditarik dan memasukkan diri untuk mendapatkan hasil yang paling produktif dan terwujud. Misalnya: jumlah, konsep, manusia, peralatan, mesin, dan keunikan.
3. Lingkungan: Kondisi-kondisi ideal dimana seseorang bisa berfungsi karena adanya faktor-faktor yang bisa memicu motivasinya. Contoh-contoh kondisi yang ideal misalnya: struktur, yang kelihatan, dan persaingan. Contoh faktor-faktor yang bisa memicu: kebutuhan, permasalahan, dan hasil-hasil yang bisa diukur.
4. Hubungan Kerja: Cara seseorang berinteraksi dengan orang lain untuk mewujudkan hasil. Misalnya: anggota team, para inndividu, penyulut, fasilitaor, dan koordinator.
5. Pembayaran/Hasil: Tunggal, hasil khusus yang seseorang cari untuk bisa merasakan pencapaian dan kepuasaan. Misalnya: kesuksesan, keberhasilan, memenuhi persyaratan, memperoleh tambahan tanggapan, memperoleh kebaikan / status, dan pionir.
Disadur bebas oleh Iskak Hutomo dari Leadership Reflection: Discovering the MAP of Your Life 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar